Monday, 26 August 2019 13:46

Pemda Diminta Kembangkan Konsep Wisata Narasi

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Chusmeru. Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Chusmeru. Foto : antaranews.com/Wuryanti Puspitasari.

 

Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan pemerintah daerah perlu mengembangkan konsep "storynomic tourism" yaitu pendekatan komunikasi pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, serta menggunakan kekuatan budaya.Chusmeru di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah Senin mengatakan, konsep ini sangat menarik, seharusnya setiap daerah dapat mengembangkan konsep ini untuk makin memajukan lagi sektor pariwisata.Ia menjelaskan Storynomic tourism merupakan metode komunikasi pariwisata dengan menceritakan destinasi dan objek wisata di daerah, dikemas dengan konten yang menarik tentang sejarah, seni budaya, alam, kerajinan, maupun kulinernya.

Menurut dia, hampir semua daerah di Indonesia memiliki potensi wisata yang menarik.Namun belum semua dinarasikan secara baik kepada wisatawan.Konten strorynomic tourism, menurut  dia, bisa dikemas secara digital melalui media sosial, maupun dinarasikan secara konvensional lewat pemandu wisata.

Antara.

Read 537 times Last modified on Tuesday, 27 August 2019 07:00