Saturday, 07 September 2019 08:00

Indonesia Siap Perkuat Kerja Sama Perikanan dengan Malaysia

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pemerintah Indonesia siap memperkuat kerja sama di berbagai bidang dalam sektor kelautan dan perikanan dengan Malaysia, yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Demikian dikatakan Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP Sjarief Widjaja, saat mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan menerima kunjungan kerja Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia Dato Salahuddin bin Ayub di Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan, Jakarta, Rabu (4/9). Sjarief Widjaja mencontohkan, kerja sama yang sudah terjalin baik seperti dalam hal pemberantasan pencurian ikan atau illegal, unreported, unregulated (IUU) fishing.

Sjarief Widjaja juga menyampaikan upaya Indonesia dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal yang telah membuahkan hasil positif. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan stok ikan dari 7,3 juta ton pada tahun 2013 menjadi  12,54 juta ton pada tahun 2017, peningkatan konsumsi ikan per kapita dari 33,89 kilogram per kapita pada tahun 2012 menjadi 46,49 kilogram per kapita pada tahun 2017. Sjarief Widjaja juga menyebut kenaikan produk domestik bruto (PDB) yang selalu berada di atas PDB nasional sejak tahun 2014.

Sjarief Widjaja pun berharap kerja sama bilateral Indonesia dan Malaysia bidang kelautan dan perikanan terkait pemberantasan pencurian ikan dapat semakin diperkuat. Di samping itu, Sjarief mengungkapkan pentingnya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, melalui kerja sama pengembangan sumber daya manusia SDM antara Indonesia dengan Malaysia. Menurut Sjarief Widjaja kerja sama peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia ini akan menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan dan meraih peluang investasi di bidang kelautan dan perikanan.

Sjarief Widjaja pun turut mengapresiasi Malaysia atas investasi yang sudah dilakukan di Indonesia.

Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, pada 10 Juli 2019, mengunjungi parlemen Malaysia dan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia dan Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia.

Kunjungan tersebut membuahkan kesepakatan akan perlunya kerja sama bilateral di bidang kelautan dan perikanan dalam bentuk komunike bersama. Disepakati pula nota kesepahaman tentang kerjasama di bidang kelautan dan perikanan, dan peninjauan kembali nota kesepahaman tentang Pedoman Umum tentang Penanganan terhadap Nelayan oleh Lembaga Penegak Hukum di Laut Republik Indonesia dan Malaysia.

Read 704 times Last modified on Friday, 06 September 2019 08:05