Tuesday, 19 November 2019 07:39

Indonesia-Malaysia Berkomitmen Membuat Standar Bersama Sertifikasi Minyak Kelapa Sawit

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : VOI foto : VOI

 

Indonesia dan Malaysia berkomitmen untuk membangun standar bersama sertifikasi minyak kelapa sawit yang akan menjadi standar internasional bersama kedua negara dengan tetap memperhatikan perkebunan rakyat (smallholder). Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Indonesia Airlangga Hartarto seusia mengikuti Pertemuan Kedua Tingkat Menteri Negara-Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit, di Kuala Lumpur Malaysia pada Senin, 18 November.

“ Tadi ada komitmen untuk membangun standar bersama sertifikasi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan. Tentu salah satu dalam pembicaraan saya dengan Menteri Perindustrian Dasar Malaysia, Teresa Kok, nanti kita akan meminta CPOPC untuk mengerjakan penyatuan standar antara ISPO dan MSPO, sehingga tentu ini menjadi international standard bersama, tentu mempunyai pertimbangan yang sama bahwa concernnya adalah smallholder kelapa sawit, Indonesia-Malaysia mempunyai posisi yang sama di situ “.

Lebih lanjut Erlangga mengatakan, penerapan standar dirasa perlu untuk menjamin bahwa penanaman dan produk yang dihasilkan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan adanya standar sertifikasi bersama petani sawit akan terbantu untuk menuju perkebunan sawit berkelanjutan. (voi/dp/edit r)

Read 426 times Last modified on Tuesday, 19 November 2019 12:48