Tuesday, 19 November 2019 09:32

Atlit Panjat Tebing Indonesia Bersiap Menuju Toulouse

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : Antara Foto : Antara

 

Trio panjat tebing Indonesia yaitu Aries Susanti Rahayu, Alfian M Fajri dan Aspar Jaeololo kini tengah bersiap menghadapi pra kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 cabang panjat tebing yang akan dihelat di Toulouse Perancis pada 25 November mendatang. Manajer timnas panjat tebing Indonesia Pristiawan Buntoro berharap Indonesia dapat membidik minimal satu tiket terlebih dahulu. Namun jika seandainya gagal, masih akan ada kesempatan kedua di ajang pra kualifikasi lainnya di Tokyo pada bulan Mei tahun depan.

“ Target kita lolos kualifikasi. Kalau tidak lolos di Toulouse masih ada di Mei 2020 di Jepang. Insya Allah di Toulouse kita bisa dapat satu dari target dua “.

Pristiawan menambahkan, nomor combined yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo adalah nomor baru yang merupakan gabungan dari tiga nomor klasik yang ada di panjat tebing yaitu speed, lead dan juga boulder. Persoalan pun muncul sebab nomor combined akan menyulitkan para pemanjat tebing dunia untuk meraih tiket Olimpiade karena selama ini mereka terspesialisasi dalam tiga nomor yang ada. Bagi Pristiawan tak ada satu pun atlet panjat tebing dunia yang mampu menjadi yang terbaik di tiga nomor sekaligus.

“ Combined memang Olympic 2020 ini buat sport climbing memang bermasalah. Dua nomor combined ini. Seluruh dunia ngomong ini. Maksudnya, kans pemanjat-pemanjat topnya speed dengan sistem yang combined sekarang ini, maka pemanjat-pemanjat speed terbaik dunia terancam tidak akan lolos di 2020 “.

Indonesia yang menumpukan kekuatan utama di nomor speed akan berharap pada sosok Aries Susanti Rahayu dan juga Alfian M Fajri yang kini berada di ranking 3 besar dunia nomor speed. Bagi Aries, tahun ini bahkan menjadi pencapaian yang luar biasa karena dirinya berhasil memecahkan rekor dunia Speed World Record pada 19 Oktober lalu di seri kejuaraan dunia yang berlangsung di Xiamen Tiongkok. Aries yang mencatatkan rekor 6,995 detik mematahkan rekor sebelumnya yang dicetak Yi Lin Song yang membukukan catatan  waktu 7,101 detik. Aries bahkan menjadi pemanjat tebing wanita pertama di dunia yang menembus catatan rekor di bawah tujuh detik. Rosihan Anwar RRI. 

Read 531 times