Friday, 17 January 2020 07:51

Indonesia dan Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Inggris merupakan salah satu mitra dagang penting di Eropa dan investor besar di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Mahendra Siregar, saat menerima kunjungan Menteri Inggris untuk Asia Pasifik, Heather Wheeler, di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa 14 Januari. Dalam keterangan tertulisnya, Selasa, Wakil Menteri Luar negeri Mahendra Siregar menyebut Inggris menjadi prioritas penting bagi penguatan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Eropa. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang-bidang potensial seperti perdagangan dan investasi, industri kreatif termasuk teknologi digital di sektor keuangan (Fintech), energi terbarukan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, maritim, dan lain-lain.

Menteri Heather Wheeler menyambut positif pernyataan Wamenlu RI, dan sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama kedua negara, utamanya dalam rangka meningkatkan kinerja perdagangan bilateral termasuk investasi dan pendidikan melalui mekanisme Trade Review (Ulasan Perdagangan). Hal ini dipandang penting sebagai langkah konkret mempersiapkan kerja sama ekonomi komprehensif RI-Inggris pascaBrexit, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi lebih besar bagi kedua negara.

Menurut Mahendra Siregar kunjungan Menteri Wheeler merupakan penegasan kembali komitmen kemitraan dan hubungan persahabatan Indonesia-Inggris. Selain isu bilateral, dibahas pula upaya penguatan kerja sama kedua negara dalam isu-isu global dan regional yang menjadi kepentingan bersama. Pertemuan tersebut merupakan sinyal baik untuk menambah intensitas kerja sama kedua negara di berbagai bidang guna mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Dalam pertemuan tersebut, Wamenlu Mahendra Siregar juga menyampaikan rencana Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum - ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada Juli 2020. Mahendra juga mengundang partisipasi Inggris dalam Halal Industry Summit yang akan diselenggarakan di Jakarta pada akhir 2020. Kunjungan kerja Menteri Heather Wheeler di Jakarta berlangsung pada 13 hingga 15 Januari 2020. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kali pertama bagi sang menteri, sejak ia menduduki jabatannya pada Juli 2019.

Read 633 times