Thursday, 16 January 2020 00:00

Siswa SMK Indonesia Raih Juara Ajang Fashion Internasional Singapura

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh anak bangsa. Tepatnya 5 Januari 2020 kemarin, empat siswa SMK(Sekolah Menengah Kejuruan)  NU Banat Kudus menjuarai ajang bergengsi Grand Prix Sakura Collection “Asia Students Awards 2020” di Atrium Jewel Changi Airport, Singapura. Prestasi siswa Indonesia tersebut dipersembahkan oleh Dania Pulungan (Juara 2), Najla Mufida (Juara 3), Salsabila Nizatin (Juara 4) dan Fira Aulia (Juara 5).

Salah satu juara dalam ajang Grand Prix Sakura Collection “Asia Students Awards 2020”, Dania Pulungan mengusung konsep “SHINOGIRI” yaitu kolaborasi ide dari “SHINOBI x ONIGIRI”. Shinobi merupakan nama lain dari ninja dan onigiri adalah salah satu jenis street food populer di kalangan masyarakat Jepang. Dania menyatakan, proses kreatif yang mengantarkannya menjadi juara dimulai sejak beberapa bulan lalu dengan mencari konsep desain yang tepat sesuai dengan tema kompetisi ini.

Akhirnya Ia mengambil ide “SHINOGIRI”, karena dua elemen tersebut mempunyai daya tarik warna monokromatik yang bersatu padu hingga dapat membuahkan look yang bersifat Urban dan Streetwear.

Lebih lanjut Dania menjelaskan bahwa, Warna Hitam pada Shinobi melambangkan gagah, tak terlihat dan menyelinap. Lalu untuk warna putih pada onigiri melambangkan arti bersih dan suci. Dua filosofi warna yang sangat menarik untuk dijadikan Urban Streetwear.

Keempat siswa SMK tersebut tak mudah untuk meraih gelar juara di ajang yang sudah diselenggarakan tujuh tahun berturut-turut ini. Di fase awal kompetisi yakni November 2019, para siswa SMK NU Banat Kudus harus mencari ide dan mengirimkan konsep desain mereka ke penyelenggara. Mereka harus bersaing dengan ribuan peserta dari berbagai sekolah fashion dari enam negara di Asia Tenggara. Hasilnya, SMK binaan Djarum Foundation ini sukses mengirimkan 7 siswa dari 10 finalis yang mewakili Indonesia untuk memperebutkan hadiah berkolaborasi dengan proyek Citizen Eco Bag dan pengalaman belajar di Esmod Japon, Tokyo.

 

 

Read 957 times Last modified on Thursday, 16 January 2020 11:36