Saturday, 18 January 2020 09:25

Presiden Ingin Indonesia Benar-Benar Siap Gelar Piala Dunia FIFA U-20

Written by 
Rate this item
(0 votes)
foto : VOI foto : VOI

 

Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 sudah di depan mata. Persiapan terus dilakukan pemerintah agar Indonesia dapat menjadi penyelenggara secara maksimal. 

 

Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kabinet Terbatas, Jumat (17/01/2020) siang di Kantor Presiden, Jakarta, mengatakan dirinya ingin agar kesiapan stadion penyelenggaraan dapat benar-benar dipastikan kesiapannya. Ia ingin agar stadion yang disiapkan representatif dan berkelas dunia. 

 

Pemerintah menyiapkan 10 stadion tempat penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Dari ke 10 stadion tersebut, 6 merupakan stadion utama, sementara 4 lainnya disiapkan sebagai stadion cadangan. 

 

Jokowi pun berharap agar seluruh stadion yang disiapkan dapat memiliki konektifitas dengan sarana transportasi. Dirinya tidak ingin ada keterlambatan penyelenggaraan pertandingan akibat kelalaian di sektor konektifitas ini. 

 

Enam stadion utama dan 4 stadion cadangan. Saya minta betul-betul ini dicek ke lapangan harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia, dimulai dari lingkungan, lapangannya, tempat duduknya, ruang gantinya, toiletnya, sampai ruang media pers nya yang betul-betul representatif dan kalau ada memang kekurangan dan perlu di renovasi dan perlu disempurnakan agar segera betul-betul disiapkan agar siap digunakan di tahun 2021. Saya juga minta dilihat secara detil ketersambungan antara stadion dengan sarana transportasi akomodasi peserta kompetisi piala dunia FIFA U20. Jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektifitas. Oleh sebab itu sarana dan prasarana akomodasi juga harus memiliki pelayanan yang kelas dunia.”

 

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo juga ingin agar penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 mendatang dapat menjadi ajang promosi bagi Indonesia. 

 

Menurutnya, Indonesia harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara maju dengan mampu menggelar event internasional.  

 

“Manfaatkan event ini untuk promosi Indonesia kepada dunia. Ingat bahwa piala dunia FIFA U20 ini akan menjadi pusat perhatian spotlight dunia karena event ini akan diikuti oleh 24 negara dari 5 benua. Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa indonesia adalah negara maju bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik.”

 

Di akhir arahannya, Presiden Joko Widodo juga meminta agar pengalaman Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Paragames beberapa waktu yang lalu dapat menjadi acuan dan standar dalam menggelar Piala Dunia U-20. (Ndy)

Read 334 times Last modified on Sunday, 19 January 2020 06:56