Saturday, 18 January 2020 09:27

PON XX Bukan Cuma Kompetisi Melainkan Juga Ajang Penguatan Persaudaraan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
foto : VOI foto : VOI

 


Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden,  Jakarta,  Jumat sore (17/01), memimpin Rapat Kabinet Terbatas yang membahas tentang Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020.

Pada PON XX akan dipertandingkan sebanyak 37 cabang olahraga dengan 678 nomor pertandingan. PON XX di Papua akan dilaksanakan pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 dan akan dipusatkan di 4 daerah, yaitu Kota jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

PON XX di Papua akan diikuti oleh kurang lebih 9411  atlet dan official yang akan datang ke Papua. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa penyelenggaraan PON XX nantinya akan menjadi arena untuk memperkuat persaudaraan dan bukan hanya ajang kompetisi semata.

Semangat dari penyelenggaraan PON Papua bukan hanya ajang kompetisi olahraga semata tapi terpenting juga arena di mana kita bersama memperkuat jalinan persaudaraan, jalinan persatuan, dan solidaritas antardaerah. Sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa tanah Papua banyak lahir talenta hebat di bidang olahraga.”


Dalam Rapat Kabinet Terbatas yang juga dihadiri oleh Pemerintah Daerah Papua, Presiden Joko Widodo juga meminta agar kesiapan PON dilakukan dengan melihat aspek kesiapan infrastruktur pendukung.


Presiden pun ingin agar pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan untuk penyelenggaraan PON dapat pula dimanfaatkan untuk kkegiatan lain setelah PON digelar. Ia pun meminta agar Pemerintah Daerah Papua dapat membuat rencana pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga, terutama bagi pembinaan bibit-bibit unggul putera dan puteri Papua di bidang olahraga. (VOI/Ndy/AHM)

Read 335 times Last modified on Sunday, 19 January 2020 06:54