Monday, 27 January 2020 10:05

Indonesia dan Hongaria Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Hungaria Victor Orban di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020. Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama bilateral yang telah terjalin antara Indonesia dan Hungaria di bidang penyediaan air bersih. Presiden Jokowi juga meyakinkan dirinya akan mempelajari lebih jauh proposal kerjasama yang diajukan oleh pihak Hongaria dalam bidang pembangunan rumah sakit.  Hungaria mengajukan diri untuk bekerjasama dengan Indonesia untuk membangun rumah sakit yang berfokus pada terapi kanker serta rumah sakit militer.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi presiden Jokowi mengatakan, kedua kepala pemerintahan berkomitmen meningkatkan hubungan bilateral. Retno Marsudi mengatakan, tahun ini, Indonesia dan Hongaria akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Untuk itu, kedua belah pihak akan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bersifat konkrit dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. Retno menyebut, buat meningkatkan hubungan antarkedua negara yang paling utama harus dilakukan adalah membangun hubungan antarmasyarakat. Ia menjelaskan ada beberapa hal yang sudah dilakukan kedua negara terkait hal tersebut.

Salah satunya program beasiswa sekolah yang disediakan Pemerintah Hungaria untuk 100 pelajar Indonesia. Kedua kepala pemerintahan sempat membahas mengenai bidang-bidang yang akan dimanfaatkan oleh para mahasiswa.

Menurut Retno, Presiden menyampaikan bahwa hal-hal yang terkait dengan science, technology innovation menjadi prioritas bagi Indonesia. Hungaria juga berkomitmen menyederhanakan proses visa bagi warga negara Indonesia. Selain itu, Hungaria dan Indonesia juga menjalin kerja sama terkait dengan olahraga, yakni pelatihan pemain sepak bola Indonesia di Hungaria. Kedua negara juga ingin Indonesia meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, di antaranya terkait pengadaan air bersih. Hungaria juga menawarkan kerja sama membangun rumah sakit yang berfokus kepada terapi kanker dan onkologi, serta pengembangan rumah sakit militer.

Sementara itu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria Peter Szijjarto yang hadir mendampingi Perdana Menteri Hungaria Victor Orban, mengatakan, Hongaria mendukung rencana pemberian bebas visa bagi warga negara Indonesia ke Uni Eropa. Dirinya pun menyampaikan dukungan terhadap negosiasi perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan Uni Eropa. Menurutnya hal itu akan memberikan keuntungan bukan hanya untuk Indonesia namun juga bagi negara-negara ASEAN. Hubungan Hungaria-Indonesia semakin lama semakin meningkat. 

Read 841 times