Tuesday, 11 February 2020 00:00

Slondok, Snack Tradisional Khas Jawa Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI NEWS Slondok merupakan jajanan khas Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Jogjakarta, Kulon Progo dan Magelang. Makanan ringan ini terbuat dari singkong. Bentuknya seperti cincin dan renyah. Slondok dengan rasa original bercita rasa gurih, namun seiring dengan perkembangan zaman, Slondok memiliki variasi rasa antara lain rasa bawang dan rasa pedas.

 

Proses pembuatannya yang terbilang lama membuat Slondok kini tak lagi banyak diproduksi. Untuk membuat slondok, singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan perlu dikukus bersama garam, ketumbar hingga bawang sampai matang.  Singkong kukus ditumbuk menjadi gethuk. Gethuk ini digiling dengan mesin menjadi untaian adonan yang  panjang. Selanjutnya dibentuk melingkar dan jadilah slondok yang masih harus melalui proses penjemuran. Slondok yang sudah kering baru bisa   digoreng.

 

Slondok merupakan jajanan yang sudah jadi tradisi turun temurun. Dulunya jajanan ini dijual saat ada acara tontonan. Bagi anda yang sedang berkunjung ke wilayah Jogjakarta, Magelang dan Kulon Progo, anda bisa menemukan Slondok di toko oleh-oleh khas daerah tersebut. Bagi anda yang penasaran ingin mencobanya, anda bisa membeli Slondok secara online pada situs-situs belanja online di Indonesia. Harganya pun cukup murah, hanya sepuluh ribu rupiah per bungkusnya.

Read 2540 times Last modified on Tuesday, 11 February 2020 10:00