Tuesday, 02 January 2018 00:00

Semangat Baru Untuk Kerja Keras di 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menutup tahun 2017, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan bangsa Indonesia telah bekerja keras sepanjang tahun 2017. Dalam pesan yang diunggah dalam akun facebooknya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan saat ini dan tahun-tahun mendatang, bangsa Indonesia sedang  berlayar menuju cita-cita negara maju dengan membangun manusia Indonesia, yang unggul, tangguh, dan bermartabat. Presiden Joko Widodo juga menyampaikan harapan agar bangsa Indonesia  mendapatkan energi dan semangat yang baru dalam menyongsong Tahun Baru 2018. 

Sejak awal pemerintahannya, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan semangat kerja keras dengan ajakannya “kerja, kerja, kerja.” Kerja keras memang harus terus  dilakukan untuk mencapai apa yang ditargetkan. Tahun ini misalnya, pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi 5,4 persen atau meningkat 0,3 persen dari target 2017 sebesar 5,1 persen.

Target tersebut dianggap beberapa pihak terlalu tinggi. Namun mengutip pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada awal September 2017, angka 5,4 memang optimistis, tetapi tetap realistis. Bangsa Indonesia memang harus optimis mencapai target itu. Diperkirakan, investor asing akan menunggu hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah – pilkada serentak di 171 daerah selesai,  sebelum  berinvestasi di Indonesia. Namun dengan kerja keras pemerintah optimistis akan mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini  antara lain karena didukung   kinerja pertumbuhan ekonomi domestik yang hingga kini relatif stabil dan cenderung menguat.

Kerja keras lainnya adalah menjadi tuan rumah dua  perhelatan berskala internasional, yaitu Asian Games ke 18 dari  18 Agustus – 2 September 2018, dan pertemuan tahunan International Monetary Fund–IMF dan Bank Dunia. Saat itu, perhatian Asia dan dunia tentu akan tertuju pada Indonesia. Karenanya, Indonesia harus membuktikan mampu menyelenggarakan kedua perhelatan tersebut dengan sukses.. 

Semangat dan energi baru diharapkan akan mendorong bangsa Indonesia dengan segala unsurnya untuk bekerja keras mencapai segala target. Baik itu  pertumbuhan ekonomi 5,4 persen, melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak yang damai dan aman, sukses  menyelenggarakan Asian Games ke 18, dan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia.

Terkait  Asian Games ke 18, Indonesia diharapkan bukan hanya sukses sebagai penyelenggara, tetapi juga sukses meraih target medali. Setidaknya dapat  menjadi sepuluh besar  dan mencatat prestasi baru di bidang olahraga. Semua ini hanya akan tercapai dengan kerja keras.

 

 

Read 1409 times