Tuesday, 13 March 2018 00:00

Festival Jengkol Indonesia 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda Festival Jengkol Indonesia 2018. siapa yang tidak kenal jengkol? Hampir sebagian besar masyarakat mengenal buah jengkol dan menyukai hidangan yang terbuat dari jengkol ini. Walaupun buah ini menimbulkan bau tidak sedap setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, namun banyak orang yang menyukainya. Jengkol yang mempunyai nama latin Archidendron pauciflorum adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan. Jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah menjadi berbagai hidangan, seperti semur, goreng balado dan gulai. Untuk mengapresiasi para pencinta jengkol maka Festival Jengkol Indonesia akan digelar kembali dalam waktu dekat ini.

Festival Jengkol Indonesia 2018 akan digelar meriah selama tiga hari dari tanggal 23 sampai 25 Maret 2018 di Bekasi Trade Center Mall (BTC), Kota Bekasi. Sejumlah pelaku usaha kecil menengah nasional dan luar negeri, yang memproduksi makanan berbahan dasar jengkol ini akan bergabung dalam Festival ini. Mereka tersebar di berbagai daerah, di antaranya Kalimantan, Bandung, Bekasi dan juga dari Malaysia dan Singapura. Menurut Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia, Umi Kamilah, para pencinta dan pemburu kuliner makanan khas Indonesia, jengkol ini sangat pas untuk hadir dalam festival ini.

Dia menjelaskan bahwa panitia Festival ini akan menyiapkan sedikitnya 150 Kilogram jengkol untuk diproduksi menjadi berbagai macam menu makanan yang nantinya akan diolah oleh para peserta kegiatan ini. Dalam Festival ini peserta akan menyajikan kuliner berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol crispy, jengkol rawon, jengkol rendang, cireng jengkol, bakso jengkol, jengkol pepes, nasi bakar jengkol lumpia jengkol dan lainnya. Umi Kamilah mengatakan, Festival Jengkol 2018 ini merupakan kedua kalinya yang dilaksanakan setelah kota Bogor sukses menyedot animo pengunjung hingga seribu orang per hari selama tiga hari pelaksanaan.

berbagai acara turut memeriahkan Festival Jengkol Indonesia ini. Festival di Bekasi ini akan mencakup bazar aneka produk, seminar kesehatan, seminar wirausaha, demo masak olahan jengkol bersama Babeh Cook dan tentunya panggung hiburan. Yang utama dari Festival ini adalah lomba Masak & Pemilihan Raja Ratu Jengkol Bekasi. Menurut Umi Kamilah, untuk jadi Ratu Raja jengkol pendaftarannya bisa berkelompok. Raja Ratuh Jengkol dipilih berdasarkan kriteria masakan jengkol apa yang dibuat dan rasanya juga diuji. Acara ini mengusung tema: Festival Jengkol Indonesia, dari jengkol untuk kejayaan makanan Indonesia.

Read 927 times