Wednesday, 27 May 2020 05:09

Menperin-Industriawan Sepakat Dorong Manufaktur

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menggelar halalbihalal secara virtual saat perayaan Idul Fitri, Minggu (24/5), bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, asosiasi industri, para pelaku industri serta jajaran pejabat eselon satu dan dua di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Silaturahmi bertajuk "Virtual Open House bersama Menteri Perindustrian".

Pada kesempatan itu Menperin mengajak para pejabat di lingkungan Kemenperin serta para pemangku kepentingan untuk menjadikan semangat hari kemenangan ini saling mendukung, menguatkan serta saling mengisi, dalam menghadapi masalah COVID-19. Demikian keterangan tertulis Menteri Perindustrian yang dikeluarkan di Jakarta, Senin.

Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, melalui berbagai kebijakan dan regulasi, Kemenperin terus mendorong agar industri manufaktur tetap dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian, meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Para pelaku industri mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Kemenperin dalam mendukung para pelaku industri bisa tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya terkait Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S Lukman sangat mengapresiasi upaya Kemenperin dengan mengeluarkan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri - IOMKI, sehingga industri yang memproduksi kebutuhan primer seperti sektor industri makanan dan minuman masih bisa beroperasi dan berkontribusi pada perekonomian selama dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, mengungkapkan hal senada. Ia berpendapat Kemenperin selaku pembina industri selalu mendukung, komunikatif dan sangat membantu para pelaku industri selama terjadi pamdemi COVID-19.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyampaikan organisasi yang dipimpinnya akan senantiasa mengawal upaya Kemenperin agar industri tetap produktif selama pandemi COVID-19 masih ada. Upaya tersebut terutama melalui pengawalan IOMKI yang dilakukan tim pemantau HKI selama PSBB.

Agus Gumiwang Kartasasmita menanggapi bahwa Himpunan Kawasan Industri - HKI merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari industri. Dengan upaya maksimal dari HKI, diharapkan investor-investor yang masuk bisa mengisi semua kawasan industri. Ia berharap pelaku kawasan industri selalu siap memenuhi kebutuhan investor, dan pemerintah akan selalu memberikan dukungan.

Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan pertemuan singkat antara jajaran Kemenperin dan para pelaku industri tersebut cukup konstruktif. Ia mengajak semua pihak membuktikan bahwa industri Indonesia mempunyai daya tahan yang luar biasa.

Read 692 times Last modified on Wednesday, 27 May 2020 07:37