Monday, 25 May 2020 09:12

Perayaan Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid – 19

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Masyarakat muslim Indonesia telah merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah, pada hari Minggu 24 Mei kemarin. Penetapan 1 Syawal 1441 Hijriah yang merupakan hari besar terpenting bagi orang  Indonesia yang mayoritas beragama Islam,  diputuskan berdasarkan hasil Sidang Isbat yang diselenggarakan Kementerian Agama RI pada hari Jum’at 22 Mei 2020.

Pandemi Covid-19, membuat perayaan Idul Fitri tahun ini menjadi sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kemeriahan di hari “kemenangan” setelah satu bulan berpuasa di bulan Ramadhan menjadi sangat berkurang atau tidak dapat dirasakan ummat muslim, terutama di wilayah-wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang sebelumnya dilaksanakan di Masjid-Masjid dan tanah lapang dengan  dihadiri ratusan bahkan ribuan orang kali ini tidak terlihat disebagian besar wilayah Indonesia.  Kegiatan silaturahim dengan berkumpul bersama keluarga juga hampir tidak ada. Mudik ke kampung halaman yang sudah menjadi tradisi ummat muslim tidak hanya di Indonesia bahkan dunia juga dilarang.Jika ada yang masih  bisa melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid atau tanah lapang karena diijinkan pemerintah daerah, maka jumlahnya pun tidak banyak. Sedangkan  berkumpul bersilaturahim dalam jumlah besar atau mudik ke kampung halaman dengan berbagai cara pada prinsipnya tetap dilarang  dilarang, karena melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar [PSBB]  yang  ditentukan pemerintah.

Beberapa hari sebelum Idul Fitri Kementerian Agama sudah mengingatkan agar umat Islam tetap mematuhi protokol kesehatan. Ummat muslim dihimbau agar berlebaran di rumah bersama keluarga inti dan tidak menerima tamu untuk mencegah penularan virus CoronaCovid-19.

Menurut Kementerian Agama silaturahim dapat dilakukan dengan media sosial. Ini tentu sangat berbeda dengan kebiasaan yang dilakukan umat muslim Indonesia selama ini.

Perbedaan perayaan Idul Fitri tahun ini juga disampaikan Presiden Joko Widod [Jokowi]  dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah lewat video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (23/4/2020).

Dalam video tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa perayaan Idul Fitri kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Menurut Presiden Idul Fitri kali ini menuntut pengorbanan  untuk tidak mudik, dan tidak bersilaturahmi seperti biasanya, karena  saat ini kesehatan masyarakat adalah hal yang paling penting.

Apa yang dikatakan Presiden memang benar, sebab kesehatan dan keselamatan masyarakat adalah yang terpenting untuk menghadapi masa depan, setelah pandemi berakhir, yang tentunya akan penuh tantangan. 

Read 840 times