Thursday, 28 May 2020 00:00

Pasar Rakyat Lasem Dibuka

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO TEMPO.COM FOTO TEMPO.COM

Lasem merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang di provinsi Jawa Tengah. Lasem dikenal juga sebagai "Tiongkok kecil" karena merupakan kota awal pendaratan orang Tionghoa di tanah Jawa. Selain itu, Lasem juga dikenal sebagai kota Batik.  Batik Lasem disebutkan sebagai salah satu varian klasik atau biasa disebut pakem dangan pola dan corak yang punya kekhasan tersendiri, yaitu paduan warna yang berani dan mencolok dengan motif-motif yang beraneka macam dan khas. Masyarakat disana memang sebagian besar menggantungkan hidupnya menjadi pembatik. Di Lasem, ada ribuan pembatik yang membuat aneka karya batik.

wabah corona mengakibatkan sebagian besar rumah batik mengurangi produksi. Menurut Didiet Maulana, perancang busana yang juga kurator produk wastra Kesengsem Lasem, perlu ada ruang berniaga ketika wisatawan tak bisa berkunjung langsung ke Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Karena itu, untuk tetap menggairahkan pasar yang sudah ada di Lasem, 12 Mei lalu,  Pasar Rakyat Lasem diluncurkan sebagai ruang niaga daring atau online saat wabah corona. Saat industri pariwisata aktual lesu, kegiatan belanja berbagai produk khas Lasem lewat virtual bisa tetap berjalan melalui pemesanan online.  Pasar Rakyat Lasem menjadi wadah pemasaran produk unggulan yang telah melalui proses kurasi. Batik yang dipasarkan itu langsung buatan tangan, bukan pabrikan. Pasar Rakyat Lasem itu bisa diakses melalui situs kesengsemlasem.com. 

Pasar Rakyat Lasem menjadi tempat untuk para pedagang lokal mendapatkan ruang untuk memasarkan berbagai produk. Adapun bermacam-macam produk khas Lasem yang bisa ditemukan, antara lain produk wastra, rasa, dan kriya. Dagangan kategori wastra yang paling terkenal adalah batik. Sedangkan kategori rasa, adalah kuliner, di antaranya ikan asin, cumi asin, dan kecap manis. Untuk kategori kriya adalah teko tembaga dan cobek batu.

Read 957 times Last modified on Friday, 29 May 2020 07:06