Saturday, 30 May 2020 07:57

Kemenparekraf Fasilitasi Pengembang Gim Lokal Berkarya di Gelora 2020

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar program pembuatan Game Lokal Kreasi Indonesia disingkat Gelora 2020. Progran ini memberi kesempatan kepada para pengembang atau developer gim lokal untuk berkarya menciptakan gim atau permainan edukatif.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Josua Simandjuntak dalam peluncuran secara virtual Gelora 2020 di Jakarta, Rabu, mengajak para pengembang untuk berani mengajukan ide-ide mereka dalam membuat gim.Josua Simandjuntak mengatakan, pihaknya ingin memberikan sebuah tantangan sekaligus stimulus bagi para developer game lokal untuk merealisasikan ide-ide mereka. Pihaknya juga akan sepenuhnya memberikan fasilitasi hingga gim tersebut dapat terealisasi dan dinikmati masyarakat luas.

Menurut JosuaSimandjuntak gim merupakan salah satu media yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga sekaligus media informasi dan edukasi. Untuk itu dalam Gelora 2020 pihaknya mensyaratkan ide gim yang diajukan harus terkait dengan edukasi mengenai COVID-19 seperti jaga jarak, memakai masker, bangga buatan Indonesia, juga kenormalan baru yang mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan.

Harapannya agar masyarakat nantinya tidak hanya mendapatkan hiburan namun juga teredukasi dengan cara yang menyenangkan.

Pengembang gim lokal yang tertarik dapat menyampaikan ide gim mereka dalam bentuk dokumen proposal, video pitch dan surat pernyataan yang harus dikirimkan hingga 4 Juni 2020.

Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Syaifullah Agam dalam kesempatan yang sama menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan semakin menggairahkan pengembang gim Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tidak hanya supply site tapi juga demand site yang mengutamakan gim buatan lokal.

Menurut Syaifullah size atau kapasitasdalam industri gim ini sangat besar, sehingga bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk juga memaksimalkan komoditas berbasis kreativitas.

Mereka yang tertarik dapat mencari lebih lanjut informasi terkait Gelora 2020 di laman agi.or.id/gelora-2020

Read 758 times