Friday, 29 May 2020 16:16

Dampak Pemanasan Global Semakin Nyata

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Sejak awal tahun 2020, Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization-WMO   sudah memberi  peringatan tentang suhu bumi yang akan terus meningkat. WMO  menyatakan, suhu tinggi dapat memicu peristiwa cuaca ekstrem pada 2020. Berdasarkan temuan pada analisis data, peningkatan suhu global memiliki konsekuensi yang mengerikan. WMO secara khusus merujuk kebakaran hutan di Australia pada 2019 yang telah berlangsung selama berbulan-bulan. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bencana tersebut telah merenggut 28 nyawa, menghancurkan 2.000 rumah, dan membakar 10 juta hektar lahan. Para ilmuwan berpendapat, dunia harus meningkatkan kesiagaan akibat pemanasan global.

 

Faktanya kini  pemanasan Global sudah  menjadi kenyataan yang harus dihadapi. Kementerian Lingkungan Kanada menyebut bahwa suhu di Montreal pada Rabu (27/5) mencetak rekor tertinggi dalam sejarah untuk bulan Mei, akibat gelombang panas yang melanda sebagian negara tersebut.

 

Suhu di Bandara Internasional Pierre Elliott Trudeau di Montreal tercatat mencapai 36,6 derajat Celsius. Suhu tersebut membuat kota itu menjadi yang terpanas di Kanada. Sementara itu pada Selasa, 26 Mei 2020, New Delh,  Ibu Kota India mencatat suhu 47,6 derajat celcius. Sebagian besar India utara memang  tengah menghadapi kondisi gelombang panas yang parah. Menurut para pejabat setempat, hal tersebut   akan berlangsung hingga akhir pekan. Padahal  saat ini wilayah tersebut tengah berjuang menghadapi  melesatnya jumlah kasus positif Covid-19 dan kawanan belalang yang merusak tanaman.

 

Situasi sulit  memang  tengah dialami masyarakat global sekarang ini. Selain Pandemi Covid 19 yang melanda hampir seluruh dunia,  ancaman resesi ekonomi dan dampak nyata pemanasan Global  pun mulai dirasakan di beberapa negara.  Tak ada cara lain yang lebih efektif untuk  mengatasinya selain bekerja sama. Dibutuhkan komitmen dan kesadaran global  bahwa bumi perlu waktu dan upaya bersama untuk kembali pulih dan sehat. Jika krisis ini dapat dilalui dengan baik, maka bukan tidak mungkin Bumi akan menjadi tempat yang lebih baik untuk manusia. 

Read 762 times Last modified on Monday, 01 June 2020 16:20