Wednesday, 03 June 2020 05:48

Pelaku Industri Sambut Terobosan Menperin Hadapi Pandemi Covid-19

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pelaku usaha menyambut baik sejumlah kebijakan strategis yang telah dijalankan oleh Kementerian Perindustrian dalam mendukung aktivitas sektor industri sebagai upaya memacu pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19. Apresiasi tersebut, salah satunya datang dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Wakil Ketua Umum Gaikindo Jongkie D Sugiarto dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menyampaikan, saat ini sektor industri otomotif di dalam negeri membutuhkan dukungan dari regulator, khususnya Kementerian Perindustrian. Ia mengakui pandemi COVID-19 telah mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat dan berdampak pada operasional serta produktivitas industri otomotif. Walaupun demikian, Kementerian Perindustrian aktif membantu industri otomotif sehingga bisa bertahan dalam menghadapi masa sulit ini.

Menurut Jongkie Sugiarto, salah satu kebijakan Kementerian Perindustrian yang disambut positif, yaitu penerbitan Izin Operasional Mobilitas dan Kegiatan Industri (IOMKI) yang dapat menjamin industri untuk tetap produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar dengan mengikuti protokol kesehatan.Jongkie Sugiarto menambahkan, industri otomotif siap menjalankan kebijakan strategis yang diarahkan oleh pemerintah dalam upaya pemulihan sektor industri dan ekonomi nasional, terutama dalam tatanan normal baru nanti.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Gabungan Perusahaan Farmasi, Dorodjatun Sanusi mengatakan, dengan adanya dukungan dari Kementerian Perindustrian dan kementerian/lembaga terkait lainnya, sektor industri farmasi dapat terus beroperasi dan berproduksi. Bahkan, kinerjanya mampu positif di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Pada triwulan pertama tahun 2020, industri kimia, farmasi dan obat tradisional mampu tumbuh sebesar 5,59 persen.

Selain itu, Dorodjatun Sanusi menekankan mengenai distribusi produk, khususnya ke daerah-daerah yang menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dapat terus didukung oleh pemerintah sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Dorodjatun Sanusi juga mengakui pemberian Izin Operasional Mobilitas dan Kegiatan Industri -IOMKI merupakan langkah positif untuk membantu operasional sektor industri farmasi,  sehingga dapat beroperasi untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dalam rangka penanganan COVID-19. Operasional di sektor farmasi juga tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang sudah diputuskan oleh pemerintah.

Sebelumnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong operasional sektor industri nasional dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

Hingga saat ini, terdapat sekitar 17 ribuIzin Operasional Mobilitas dan Kegiatan Industri yang telah dikeluarkan kepada perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri melalui Sistem Informasi Industri Nasional.

Selanjutnya, Kementerian Perindustrian juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap perusahaan industri yang masih beroperasi.

Read 560 times Last modified on Tuesday, 02 June 2020 13:54