Tuesday, 02 June 2020 15:07

Utamakan Keselamatan, Kemenag RI Batalkan Keberangkatan Jemaah Haji 2020

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
FOTO  RRI FOTO RRI

 

Kementerian Agama RI mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi. Kebijakan ini diambil karena Pemerintah harus mengutamakan keselamatan jemaah di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai. Menteri Agama RI, Fachrul Razi, dalam telekonferensi dengan media di kantor Kementerian Agama Jakarta, Selasa (02/06),  menegaskan keputusan ini sudah melalui kajian mendalam.

 

' Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji pada tahun 1441 Hijriyah atau tahun 2020 ini. Keputusan ini saya sampaikan melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 Hijriyah atau tahun 2020 Masehi. Sesuai amanat Undang-undang, selain persyaratan kemampuan secara ekonomi dan fisik, kesehatan, keselamatan, dan keamanaan jemaah haji harus dijamin dan diutamakan, sejak dari embarkasi atau debarkasi, dalam perjalanan, dan juga saat di Arab Saudi.”

 

Selain soal keselamatan, Menteri Agama Fachrul Razi juga mengatakan, kebijakan ini diambil karena hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 Hijriyah / 2020 Masehi. Akibatnya, Pemerintah RI tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan dalam pelaksanaan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah. Padahal persiapan itu penting agar jemaah dapat menyelenggarakan ibadah secara aman dan nyaman.

 

Fachrul Razi menambahkan seiring keluarnya kebijakan pembatalan keberangkatan Jemaah ini, jemaah haji reguler dan khusus yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun ini akan menjadi jemaah haji 1442H/2021M. Setoran pelunasan Bipih yang dibayarkan akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). (VOI/AHM)

Read 555 times Last modified on Tuesday, 02 June 2020 15:11