Sunday, 18 March 2018 13:02

Curtin University Malaysia Lakukan Kerjasama Pertukaran Pelajar dengan UI dan Politeknik Caltex

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Agus Saptoro Agus Saptoro VOI-REZHA

 

Selain menginduk dan bekerjasama dan dengan Curtin University di Perth, Australia, Curtin University Malaysia yang berlokasi di Miri, Sarawak, Malaysia juga melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Kerjasama yang selama ini sudah dijalin Curtin University Malaysia dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia salah satunya adalah kerjasama pertukaran pelajar. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu staf pengajar dari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik dan Sains, Curtin University Malaysia, Agus Saptoro kepada awak media pada Sabtu, 17 Maret 2018, di Miri, Sarawak.

“Tapi kalau konteks yang Malaysian campus, kita dengan satu dari Belgia ya, sementara ini. Indonesia kita dengan UI, jadi UI itu bisa dua plus dua, jadi dua tahun di UI dua tahun disini atau tiga tahun di UI, satu tahun disini. Itu kita ada agreement, Indonesia dengan UI sementara dan Politeknik Caltex, exchange ya, short term atau longterm,” kata Agus Saptoro.

Agus Saptoro menambahkan, selain kerjasama pertukaran pelajar, kerjasama lain yang dijalin oleh Curtin University Malaysia dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia adalah kerjasama riset di berbagai bidang. Ia menyebutkan, selain Universitas Indonesia (UI) dan Politeknik Caltex, di Pekanbaru, Riau, kampus lain yang juga melakukan kerjasama riset dengan Curtin University Malaysia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dan Institut Teknologi Nasional (Itenas), Bandung, Jawa Barat. Untuk pendanaan kerjasama riset tersebut, menurut Agus Saptoro, Curtin University Malaysia dan perguruan tinggi dari Indonesia memiliki porsinya masing masing, tergantung pada pihak mana yang menginisiasi riset tersebut. (Rezha)

Read 987 times Last modified on Sunday, 18 March 2018 19:26