Friday, 03 July 2020 08:16

Waspada flu babi, Kementan tingkatkan pengawasan lalu lintas hewan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita. ANTARA Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita. ANTARA

VOI NEWS Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita di Jakarta, Kamis mengatakan, petugas karantina meningkatkan pengawasannya sebagai antisipasi terhadap temuan virus baru flu babi (swine flu) G4 EA H1N1 yang dipublikasi oleh ilmuwan Tiongkok  baru-baru ini. Dikatakan, pengawasan sistematis terhadap virus influenza pada babi adalah kunci sebagai peringatan kemungkinan munculnya pandemi influenza berikutnya.

Sebelumnya diberitakan ada temuan galur baru virus influenza H1N1 pada babi di Tiongkok yang dianggap para ahli mempunyai potensi menulari manusia dan menimbulkan pandemi di masa yang akan datang. Ketut menjelaskan, pihaknya juga akan terus memperkuat kapasitas deteksi laboratorium kesehatan hewan di Indonesia, serta meminta jejaring laboratorium tersebut untuk melakukan surveilans untuk deteksi dini penyakit dimaksud. (Antara)

Read 330 times Last modified on Friday, 03 July 2020 09:48