Thursday, 09 July 2020 00:00

Sepeda Listrik NTB Mendunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Sepeda Listrik NTB Mendunia Sepeda Listrik NTB Mendunia

VOI WARNA WARNI Kabar membanggakan datang dari Industri Kecil Menengah Indonesia (IKM) dimana salah satu IKM Indonesia berhasil memproduksi sepeda listrik yang telah dipasarkan ke mancanegara. sepeda listrik tersebut buatan industri kecil menengah (IKM) bernama Lombok E-Bike Builder (Le-Bui). Sepeda tersebut sudah diekspor ke mancanegara. Amerika Serikat, Australia, Norwegia, dan Inggris adalah negara yang mengimpor sepeda asal Lombok Barat itu. Sepeda tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp15 juta hingga Rp100 juta tergantung pada model dan spesifikasi.

sepeda listrik ini sudah hadir sejak 2016 silam. Salah satu ciri khas dari sepeda produksi Le-Bui adalah tenaga listrik yang powerfull dengan konsep sporty. Kapasitas baterai dan jarak tempuh juga dibuat berbeda-beda. Tergantung anggaran dan permintaan pasar. Minimal bisa menempuh jarak 30 kilometer dengan durasi charge dua hingga empat jam. Ada juga yang bisa menempuh hingga 150 kilometer sekali pakai. Makin besar anggarannya, makin jauh jarak tempuhnya.

Gede Sukarma Dijaya, pemilik Le-Bui menceritakan, gagasan membuat sepeda listrik itu berawal dari inisiatifnya memodifikasi sepeda konvensional menjadi sepeda listrik. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu bulan untuk memproduksi satu buah sepeda. Mulai dari design, cetak kerangka, dan pemotongan besi mengikuti bentuk lekuk dan tikungan model. Dilanjutkan pengelasan hingga pengecatan. Seluruhnya dibuat original atas kreatifitas sendiri, terutama di bagian design. Karena handmade, harga sepeda listrik ini tergolong mahal, terutama karena elektrik kit, dan baterai yang didatangkan dari Jakarta. Kedepannya, berharap bisa diproduksi secara pabrikan, agar harga lebih murah. VOI

 

 

Read 712 times Last modified on Thursday, 09 July 2020 08:43