Monday, 13 July 2020 00:00

ITB Juara Internasional Balam Industrial Skills Event

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO ITB.AC.ID FOTO ITB.AC.ID

 

Mahasiswa ITB berhasil menjadi juara internasional dalam kompetisi Industrial Skills Event 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh organisasi mahasiswa farmasi internasional IPSF (International Pharmaceutical Students Federation). Industrial Skills Event IPSF memberikan kesempatan bagi mahasiswa farmasi dalam ajang internasional untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pengembangan produk di industri farmasi. Melalui lomba ini para peserta diharapkan dapat menganalisis kasus yang diberikan serta menyediakan solusi untuk kasus tersebut. Terdapat tiga bidang yang dilombakan yaituProduction, Marketing, danRegulatory Affair

 

Tim ITB berhasil menjadi juara pada bidang Production. Tim terdiri dari Natasha Christabella, Evelyn Tirza, Stefani Anabella, Felia Triesya, dan Lydia Husen Kartadinata. Mereka adalah mahasiswa Sains dan Teknologi Farmasi 2016. Natasha dan tim berhasil menjadi juara pertama setelah berhasil merancang dan mengevaluasi formula Obat Tetes Mata dengan bahan utama protein berupa DNA sperma dari ikan salmon, yaitu jenis Oncorhynchus mykiss (Salmon Trout) dan Oncorhynchus keta (Chum Salmon).

 

Ide membuat formula obat tetes mata ini telah dirancang sedemikian rupa oleh tim sehingga bukan hanya sekadar untuk memenangkan lomba, namun bersifat aplikatif sehingga dapat diterapkan oleh industri farmasi secara luas. Mereka mengalami proses yang panjang untuk menjadi juara, mulai dari melakukan pendaftaran, mengikuti Workshop, lalu masuk ke tahapan utama yang diawali dengan Case Release hingga melakukan pengumpulan proposal serta video yang telah dibuat. Hingga akhirnya, ditetapkan sebagai juara internasional setelah melakukan presentasi ide secara daring pada 1 Juni 2020 lalu.

 

 

 

 

Read 5589 times Last modified on Tuesday, 14 July 2020 09:34