Friday, 23 March 2018 00:00

Kegiatan Yuk Kenal Iklim Di Hari Meteorologi Sedunia Ke 68

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Setiap tanggal 23 Maret diperingati sebagai Hari Meteorologi Sedunia atau World Meteorological Day. Kenapa tanggal 23 Maret? Karena pada tanggal tersebut di tahun 1950, sebuah badan spesialisasi di bidang Meteorologi di bawah naungan PBB bernama World Meteorological Organization (WMO) dibentuk. Seperti diketahui Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca. Kata ini berasal dari bahasa Yunani meteoros atau ruang atas (atmosfer), dan logos atau ilmu. Jadi, Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.

Dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia ke 68 tahun 2018, Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) bersama komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI) mengadakan kegiatan 'Yuk Kenal Iklim'. Kegiatan ini digelar sejak 11 - 25 Maret 2018 di Taman Ekspresi, Lapangan Sempur, Bogor, Jawa Barat. Menurut Ketua pelaksana Meteorological Day 2018, Adnan Ramadhitya, kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 11 Maret dan 18 Maret.

Kegiatan “Yuk Kenal Iklim” yang pertama bertujuan mengenalkan rangkaian kegiatan Meteorological Day 2018 secara interaktif, yaitu berupa aksi sapa masyarakat mengenai isu-isu terkini tentang perubahan iklim, permainan interaktif, dan photo challenge yang diawali dengan longmarch mengelilingi lapangan Sempur sebanyak dua putaran. Menurut Adnan, isu-isu terkait perubahan iklim yang semakin nyata terjadi di dunia ini menjadi materi utama dalam aksi sapa masyarakat.

Untuk kegiatan “Yuk Kenal Iklim” kedua, dilaksanakan pada 18 Maret 2018, diisi dengan menonton film “An Inconvenient Truth”, bagi para pemilik tiket. Tiket tersebut telah dijual pada gelaran kegiatan pertama pada tanggal 11 Maret 2018. Hal ini sebagai bentuk kerja sama IPB dengan Kantor Utusan Khusus Presiden bidang Perubahan Iklim.

Selain kedua kegiatan tersebut, beberapa permainan interaktif seperti Kartu GCI dan Ular Tangga Jumbo dari komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI) serta ecological footprint yang diajarkan oleh mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB sangat diminati kalangan anak-anak hingga remaja.

Kegiatan "Yuk Kenal Iklim" ini diikuti oleh berbagai pihak antara lain 40 mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB, empat orang dari komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI), dan seorang perwakilan dosen Departemen Geofisika dan Meteorologi, FMIPA IPB yang turut mendukung kegiatan ini.

Read 1351 times Last modified on Sunday, 25 March 2018 20:51