Sunday, 15 April 2018 00:00

Mengolah Daun Sirsak Untuk Obat Paru-paru

Written by 
Rate this item
(9 votes)

Sirsak atau nama latinnya Annona Muricata L, adalah tumbuhan kaya manfaat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tumbuhan ini dibawa oleh Belanda ke wilayah nusantara pada abad ke-19. Sirsak dapat dengan mudah tumbuh di mana-mana, namun paling baik jika ditanam di daerah yang cukup berair. Tanaman ini kemudian tumbuh dan berkembang di berbagai wilayah di Indonesia. Di Indonesia ada beberapa sebutan untuk tanaman sirsak, seperti nangka sebrang, sirsak (Sunda), nangka landa (Jawa), nangko Belando (Palembang) dan lain sebagainya.

pada mulanya, bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah buahnya. Bagian lain dari tanaman sirsak, jarang dimanfaatkan. Daun sirsak menjadi populer setelah hasil penelitian menyatakan kandungan yang terdapat pada daun sirsak dapat mengobati penyakit kanker. Dengan berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, dinyatakan daun sirsak merupakan bagian yang paling banyak mengandung manfaat.

Secara umum, daun sirsak mengandung senyawa proaktif diantaranya acetogenins, annocatacin, annocatalin, anonol, caclourine, gentisic acid, anomurine, linoleic acid dan lainnya. Semua kandungan tersebut berkhasiat untuk kesehatan.

daun sirsak memiliki kandungan yang sangat baik untuk penyembuhan berbagai penyakit, salah satunya peyakit paru-paru. Hal ini karena dalam daun sirsak terdapat kandungan Acetogenis yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru. Selain itu, daun sirsak juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada paru-paru.

Berikut cara pengolahan daun sirsak untuk mengobati penyakit paru-paru.

Ambil 10 sampai 15 lembar daun sirsak yang sudah kering, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas air. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut lalu diminum secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

sumber yang lain menulis, 10 -12 lembar daun sirsak yang sudah cuci bersih dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu ditumbuk lalu dikeringkan kembali di oven, lalu diangkat. Kemudian ambil 2 sendok bubuk daun sirsak, seduh dengan 1 gelas air panas. Aduk-aduk dan biarkan hingga 5 menit. Lakukan 2 kali sehari.

Meskipun memiliki efek positif, namun, untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, sebaiknya tetap dilakukan dengan pengawasan dokter herbal atau orang-orang yang faham mengenai penggunaan tanaman herbal untuk pengobatan. Karena, penggunaan yang berlebihan dan kesalahan pengolahan juga dapat memperburuk kondisi paru-paru.

Read 24301 times