Monday, 16 April 2018 09:11

Kesiapan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Pekan ini di Washington DC akan berlangsung Spring Meeting of IMF and World Bank Group  atau Pertemuan Musim Semi IMF dan Bank Dunia (WB). Sesuatu yang  biasa bagi IMF and WB, sebab dilakukan tiap tahun. Namun bagi Indonesia, pertemuan ini menjadi istimewa,  sebab terkait dengan persiapan menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan atau Annual Meeting dari IMF dan  WB group yang rencananya akan belangsung di Bali Oktober mendatang. Itu sebabnya sebuah tim  dipimpin Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan, beranggotakan  Menteri Komunikasi dan Informatika  Rudiantara dan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Niken Widiastuti,  hadir dalam pertemuan di Washington tersebut.

Pertemuan tahunan atau Annual Meeting IMF dan  WB Group 2018 sangat penting bagi Indonesia. Direncanakan bertempat di kawasan Nusa Dua,  Bali,  pertemuan itu akan dihadiri oleh sekitar 15 ribu orang peserta dan pendukung. Beberapa waktu lalu,  managing director IMF Christine Lagarde  telah hadir di datang ke Jakarta untuk mengecek persiapan Indonesia.
Lagarde mengapresiasi semua aspek yang dipersiapkan dengan sangat baik oleh Indonesia sebagai  pihak penyelenggara.
Dia juga sempat mengecek area yang akan digunakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).
Dipercayanya  Indonesia menjadi tuan rumah gelaran IMF-World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018 mendatang akan menjadi momen promosi bisnis hingga pariwisata.  Tamu dan  delegasi yang akan hadir diperkirakan  jumlahnya lebih dari 15.000 orang, di antaranya para menteri keuangan, gubernur bank sentral, bankir, hingga CEO dari seluruh dunia.

Saat ini kondisi Bali dapat dikatakan relative  sangat aman. Gunung Agung pun yang beberapa waktu yang lalu menunjukkan kegiatan,  sudah tidak ada lagi erupsi.

Semua sipersiapkan dengan matang oleh Indonesia, termasuk jaminan keamanan, dengan menerapkan standar keamanan tinggi untuk pertemuan Di Bali. Indonesia memiliki pasukan khusus Kopassus yang merupakan salah satu  pasukan elite terbaik di dunia. Selain itu juga ada detasemen Jala Mangkara yang merupakan pasukan khusus amphibi. Untuk kepolisian, Indonesia memiliki Detasemen Khusus 88 Anti Teror yang sangat disegani.

Para peserta,  selain mengikuti IMF and  World Bank Annual Meeting 2018, juga dapat menikmati keindahan alam Bali yang dikenal sebagai pula dewata.

Read 971 times Last modified on Tuesday, 01 May 2018 16:00