Friday, 04 May 2018 00:00

Festival Kuliner Aceh 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Bagi Anda pecinta kuliner Indonesia khususnya kuliner Aceh, jangan lewatkan event yang sangat menarik yaitu Aceh Culinary Festival (Festival Kuliner Aceh) 2018. Festival yang mengusung tema “New traditional: look good, taste good” ini adalah salah satu unggulan dalam 100 even wisata wonderful Indonesia yang diluncurkan Kementerian Pariwisata. Festival Kuliner Aceh digelar selama 3 hari mulai tanggal 4 - 6 Mei 2018 di Lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh. Perhelatan festival kuliner ini sebagai salah satu langkah dan komitmen Pemerintah Aceh dalam mendukung pengembangan Aceh sebagai Daerah Tujuan Wisata Halal.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyebutkan, lebih dari 100 pelaku usaha kuliner, pengamat, serta komunitas penikmat dan hobi, berpartisipasi dalam kegiatan tahunan guna melestarikan budaya kuliner Aceh. Para peserta akan menciptakan berbagai menu inovasi yang menggabungkan cita rasa Aceh dengan berbagai unsur kuliner dunia. Sederet chef ternama akan unjuk kebolehan inovasi dan kreasinya dalam mengolah kuliner khas Aceh menjadi sajian yang memiliki tampilan yang lebih premium dengan konsep fine dining.

Selain menu-menu tradisional Aceh, festival kali ini juga memberikan perhatian khusus pada fusion food atau perkawinan citarasa Aceh dengan berbagai jenis kuliner dari seluruh dunia. Tercatat 36 tenant yang akan menawarkan inovasi menu Aceh di zona Fusion Food Market, zona dengan daya tampung terbesar di Aceh Culinary Festival tahun ini. Di zona ini, para pengunjung bisa menikmati ragam inovasi rasa seperti leughok keju, pie asoe kaya, kimbap sunti, roti canai kuah pliek U, nasi goreng, kopi, smoothie bowl pisang thok, sushi engkot tumeh, klapertart boh nipah, serta beragam kelezatan kuliner lainnya.

Selain itu, terdapat 30 tenant khas Aceh di Zona Aceh Traditional Market, 12 tenant menyajikan penganan khas nusantara di Zona Nusantara Delight, 12 tenant kopi, coklat dan minuman segar, 10 tenant jajanan kekinian, serta 12 tenant asosiasi komunitas hobi dan pemerhati kuliner.

Festival yang digelar selama tiga hari ini akan semakin meriah dengan penampilan berbagai pertunjukan seni budaya Aceh, para penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, hingga kelompok musik Fusion Ethnic yang kiprahnya telah sampai ke panggung Java Jazz.

Festival Kuliner Aceh 2018 diharapkan dapat menjadi katalisator dalam industri kuliner di Aceh, sehingga kekayaan cita rasa lokal bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Hal ini mengacu pada pesatnya perkembangan tren kuliner yang didominasi makanan internasional.

Read 885 times