Monday, 07 May 2018 00:00

Peluang Usaha Keripik Salak Pondoh

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni edisi kali ini akan mengajak Anda untuk mengetahui peluang usaha keripik salak.Salak merupakan sejenis palma dengan buah yang bisa dimakan. Dalam bahasa Inggris disebut snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Akan tetapi asal usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya buah.

Ada beberapa jenis salak di Indonesia namun satu jenis salak yang sangat populer di Indonesia bahkan sampai mancanegara yaitu salak pondoh. Daging buahnya berwarna putih kekuningan, keras dan renyah, ditutupi sisik kasar berwarna kecoklatan. Salak pondoh adalah jenis salak yang paling manis rasanya diantara berbagai jenis salak lannya yang dikenal masyarakat Indonesia.

Selain dimakan segar, salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik salak. Keripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati.

Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu dan rempah tertentu. Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau pengeringan.

Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari kesemuanya. Keripik singkong banyak diproduksi di kota Bandung dengan berbagai macam rasa dan varian. Pesona Yogyakarta tidak hanya dari budaya saja, tapi juga makanan. Selain gudeg dan bakpia, di Yogyakarta juga ada keripik salak pondoh yang banyak diminati wisatawan. Usaha pembuatan keripik salak pondoh ini mampu meraih omzet hingga puluhan juta rupiah.

Dari 10 kilogram (kg) buah salak pondoh bisa menghasilkan satu kilogram keripik salak pondoh, Sebelum menjadi keripik, buah salak pondoh mesti masuk penggorengan terlebih dulu selama kurang lebih 2 jam. Harga keripik salak pondoh, dijual Rp 120.0000 per kg. Surya Agung salah satu produsen keripik salak pondoh mengatakan bahwa pasarnya adalah pengunjung yang datang ke pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Surya menambahkan, ia membuat keripik salak pondoh sejak tahun 2009. Mulanya, ia memproduksi keripik salak pondoh bertujuan membantu petani salak yang kesulitan memasarkan buah salak yang di bawah kualitas pasar.

Setiap bulan Surya hanya mampu memproduksi lebih dari 200 kg per bulan. Surya mengaku, permintaan keripik salak pondoh cenderung meningkat. Tapi, ia tak bisa memenuhi permintaan tersebut karena keterbatasan produksi. Oleh sebab itu, Surya menolak tawaran memasok keripik salak ke Singapura sebanyak 1 ton per bulan. Walaupun banyak permintaan datang, Surya mengaku hanya bisa menyuplai keripik salak pondoh untuk tiga toko oleh-oleh di kota Yogyakarta.

Kondisi yang hampir sama juga dialami oleh Joko Kendarto, pemilik toko oleh-oleh khas Yogyakarta yang menjual keripik salak pondoh. Ia mengatakan, permintaan keripik salak pondok meningkat karena rasanya yang legit, gurih dan manis. Joko menambahkan, walaupun sudah menjadi keripik yang renyah, namun cita rasa salak pondoh tak berubah. Rasa buah salak pondoh itu tidak banyak berubah, meski sudah mengalami proses penggorengan dengan temperatur 70 derajat celcius. Meskipun mahal, ia yakin harga keripik salak itu setara dengan sensasi rasa yang ditawarkan.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi pengusaha keripik salak pondoh?. Baiklah pendengar demikian informasi mengenai peluang usaha keripik salak pondoh. Terimakasih atas perhatian Anda dan sampai jumpa pada Warna Warni edisi berikutnya.

Read 1421 times