Thursday, 10 May 2018 08:12

Menjelang Penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang Pada Agustus 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Menjelang penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 mendatang, pada Senin (7/5) pagi pukul 06.30 waktu setempat, masyarakat lokal dan asing di Phnom Penh ramaikan Asian Games Fun Run yang dilanjutkan dengan Bike Race. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang juga didukung penuh oleh Kedutaan Besar RI-KBRI Phnom Penh dan perusahaan Indonesia di Kamboja dalam rangka mempromosikan pesta olah raga akbar se-Asia tersebut. Dari Morodok Sports Complex yang terletak di tepi Sungai Mekong, sebagai garis start dan finish, sekitar 500 pelari dengan antusias menyelesaikan lintasan 3 Km untuk Asian Games Fun Run dan sekitar 50 pesepeda menyelesaikan 10 putaran (30 Km) untuk Bike Race. Pelaksanaan Fun Run dan Bike Race ini bertepatan dengan Olympic Solidarity (OS)/OCA Regional Forum pada tanggal 6 dan 7 Mei 2018 di Hotel Sokha, Phnom Penh. Pihak National Olympic Committee (NOC) Kamboja menyampaikan terima kasih kepada OCA karena mendapat kehormatan untuk menggelar Fun Run dan mengharapkan agar Indonesia sukses dalam pelaksanaan Asian Games mendatang. Wakil Kepala Kepolisian RI-Wakapolri, Komjen Syafruddin, selaku Chef De Mission Asian Games ke-18 bersama Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng turut hadir dalam pelepasan para peserta Asian Games Fun Run. Tampak juga sekitar ratusan masyarakat Indonesia termasuk mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh studi di Kamboja, berpartisipasi memeriahkan acara ini. Kamboja menjadi salah satu negara yang dipilih oleh Dewan Olimpiade Asia untuk mempromosikan ajang Asian Games ke-18. Rangkaian acara diliput luas oleh media cetak dan elektronik setempat.

Tim Pencak Silat Indonesia Raih Emas di Open Belgium 2018

Tim Pencak Silat Indonesia berhasil memenangkan 6 emas, 2 perak dan 2 perunggu pada kompetisi Open Belgium Pencak Silat 2018 yang diselenggarakan pada 5 dan 6 Mei di Schoten-Antwerpen, Belgia. Turnamen terbuka ini adalah yang ke-23 kalinya diadakan di Belgia oleh Bond Pencak Silat Belgium (BPSB), federasi pencak silat Belgia yang didirikan 36 tahun lalu. Kejuaraan tahunan ini diikuti oleh 120 pesilat dari 12 negara, yaitu Indonesia, Belgia, Belanda, Inggris, Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, Swiss, Amerika Serikat, Azerbaijan, dan Austria. Pada pembukaan turnamen Duta Besar RI untuk Belgia Yuri O. Thamrin menyampaikan apresiasi kepada Ludo Pieters, ketua BPSB atas upayanya memperkenalkan Pencak Silat ke masyarakat Belgia dan negara-negara Eropa lainnya.

Produk dan budaya Indonesia akan dipamerkan di Guangzhou

Produk unggulan dan budaya Indonesia akan dipamerkan di China Plaza Zhongshan, Guangzhou, 11 hingga 13 Mei, sebagai bagian dari upaya promosi produk dan budaya Tanah Air ke masyarakat China. Pameran itu untuk menunjukkan kepada masyarakat China mengenai budaya Indonesia yang autentik dengan makanan, tari-tarian, dan, musik. Hal itu dikatakan Konsul Jenderal RI untuk Guangzhou Gustanto kepada Antara di Beijing, Selasa. Selama pameran pengunjung pameran akan bisa menikmati kopi, aneka makanan, dan sajian sarang burung walet yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh dari Indonesia. Ia  menambahkan perusahaan Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran di Ibu Kota Provinsi Guangdong itu di antaranya Kapal Api, Mayora, Papatonk, Indomie, dan Jin Xi Hui. Aneka produk kerajinan seperti barang kerajinan berbahan kayu gaharu yang beraroma khas juga akan dipamerkan dala acara tersebut. Sementara itu maskapai penerbanganGaruda Indonesia dan Lion Air akan menjual paket wisata dari Guangzhou dan beberapa daerah lain di China menuju Jakarta, Bali, dan Manado dengan harga khusus di ajang tersebut. Para pengunjung juga akan disuguhi berbagai jenis pertunjukan kesenian khas Nusantara di China Plaza Zhongshan.

Read 918 times