Saturday, 12 May 2018 09:31

TSI Bogor Kembangbiakan Burung Elang Jawa.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan pengembangbiakan burung Elang Jawa yang saat ini populasinya hanya tersisa 200 pasang di alam bebas. Staff Humas TSI Kabupaten Bogor, Julius Suprihandono di Cisarua, Kamis mengatakan, satwa tersebut banyak terdapat di kawasan Gunung Halimun Salak dan Gede Pangrango Kabupaten Bogor. Menurut dia perburuan liar adalah salah satu penyebab menurunnya populasi Elang Jawa di habitatnya. Penurunan populasi mereka juga disebabkan oleh adanya pembalakan liar pada hutan-hutan yang biasa menjadi tempat mereka berkembangbiak dan mencari makan.

Oleh sebab itu, TSI melakukan pengembangbiakan secara alami untuk meningkatkan jumlah burung Elang Jawa yang sekarang hampir punah. Pengembangbiakan tersebut dilakukan dengan penangkaran di dalam kandang. Isi kandang disesuaikan seperti habitat aslinya dan sistem pemberian makanan sesuai dengan makanan pada umumnya.  Tujuannya adalah agar burung tidak mengalami stress. Tapi kebersihan kandang juga tetap diperhatikan, agar burung tidak terserang berbagai penyakit yang timbul karena virus. Menurut Julius pengembangbiakan ini harus segera dilakukan agar generasi muda dapat mengetahui dan melihat Elang Jawa.

Masjid Terapung Banten Ingin Dijadikan Pusat Dakwa

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota Cilegon, memenuhi undangan Pimpinan Pengurus Besar Al Khairiyah dalam rangka Hari Lahir Podok Pesantren Al Khairiyah dan temu ulama. Presiden juga mengunjungi Masjid Terapung Banten yang sedang dibangun di Kawasan wisata Pantai Anyer tepatnya di daerah Cibereum Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Banten, Jumat (11/5). Pembangunan Masjid Terapung Banten digagas pada 2012 dan dibangun mulai 2014 lalu,  dengan luas 17.000 meter persegi. Wakil Ketua Yayasan Masjid Terapung Banten, H. Embay Mulya Syarief Kamis (10/05) menyatakan keinginan untuk menjadikan masjid terapung sebagai pusat dakwah Islam di  Banten. Ia berharap dengan kedatangan Presiden, semua pihak bisa mendukung pembangunan Masjid Terapung Banten MTB. Lebih lanjut, Embay menjelaskan bahwa progress pembangunan Masjid Terapung Banten saat ini sudah mencapai 20 persen.

Bandara Adi Sumarmo Tak Terdampak Gunung Merapi.

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Jumat pagi (11/5) mengeluarkan asap putih tebal. Asap membumbung tinggi diperkirakan sampai ketinggian 5KM. Otoritas Bandara Adi Soemarmo Solo memastikan penerbangan masih berjalan normal, kendati Gunung Merapi mengeluarkan asap tebal. Pejabat Humas Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi Jumat (11/5)  mengatakan, belum ada penutupan dan pengalihan. Menurut Danar, sejak pagi aktivitas bandara yang terletak di Kabupaten Boyolali, sebelah timur laut Gunung Merapi tidak mengalami gangguan. Gunung Merapi menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan asap putih tebal sekitar pukul 07.30 WIB. 

Read 902 times