Sunday, 13 May 2018 00:00

Limbah Daun Tembakau Sebagai Bahan Baku Insektisida Alami

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kali ini mengetengahkan topik mengenai Limbah Daun Tembakau Sebagai Bahan Baku Insektisida Alami. insektisida adalah bahan-bahan kimia bersifat racun yang dipakai untuk membunuh serangga. Insektisida dapat memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, perkembangbiakan, kesehatan, sistem hormon, sistem pencernaan, serta aktivitas biologis lainnya hingga berujung pada kematian serangga pengganggu tanaman.Insektisida termasuk salah satu jenis pestisida (Zat kimia untuk membasmi berbagai macam hama pertanian). Ada dua jenis insektisida yaitu organik dan anorganik.Insekstisida organik mengandung unsur karbon umumnya bersifat alami diantaranya dapat diperoleh dari limbah daun tembakau. Sedangkan insektisida anorganik tidak mengandung unsur karbon.

peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, Harwanto, mengatakan ekstrak limbah daun tembakau (Nicotiana Tabacum L.) dapat dipakai sebagai insektisida nabati untuk membasmi ulat bawang merah (Lepidoptera:Noctuidae) yang selama ini merugikan petani. Jawa Timur merupakan salah satu daerah produsen tembakau terbesar di Indonesia, selain Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Sehingga bahan baku berupa limbah tembakau mudah didapatkan.

Harwanto yang melakukan penelitian di Laboratorium Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada dan Laboratorium Hama dan Penyakit Tumbuhan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur mengatakan, ekstrak limbah daun tembakau yang mempunyai kandungan nikotin tinggi di Indonesia masih terbatas penelitiannya dan belum banyak diungkap secara mendalam.

Dengan dilakukannya penelitian yang terus dikembangkan, Herwanto berharap keberadaan ulat bawang merah sebagai hama utama tanaman itu semakin berkurang. Penelitan itu juga bertujuan untuk meluaskan penggunaan insektisida nabati yang lebih aman. Mengingat selama ini untuk mengatasi hama tersebut petani pada umumnya masih bertumpu pada insektisida kimia sintetik. Padahal pemakaian kimia sintetik berlebihan akan menimbulkan dampak buruk, yaitu terjadinya pencemaran lingkungan, resistensi, dan musnahnya organisme bukan sasaran.

Read 931 times