Wednesday, 16 May 2018 00:00

Festival Budaya Isen Mulang 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Indonesia kaya akan ragam seni dan budaya. Keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke merupakan aset yang tidak ternilai harganya, sehingga harus tetap dipertahankan dan terus dilestarikan. Salah satunya Provinsi Kalimantan Tengah. Keanekaragaman etnis dan budaya unik yang hidup berdampingan secara damai di Provinsi Kalimantan Tengah dipertunjukan kepada masyarakat luas setiap tahun di Festival Budaya Isen Mulang -FBIM. Tahun 2018, provinsi ini kembali akan menyelenggarakan acara tersebut pada tanggal 19 - 24 Mei 2018 di Palangkaraya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke 60 provinsi tersebut.Terkait dengan keberagaman budaya yang berkembang di provinsi Kalimantan Tengah, festival kali ini akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, budaya, permainan dan kompetisi, serta Pertunjukan Kecantikan Pariwisata Kalimantan Tengah.Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, Festival Budaya Isen Mulang tahun ini dikemas lebih menarik. Selain budaya, festival ini dikombinasi dengan ekspo, yakni Kalteng Quality Expo. Kalteng Quality Expo akan menjadi etalase bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan. Hal tersebut menurut Guntur akan menguntungkan Festival Budaya Isen Mulang.

Nama Isen Mulang sendiri berasal dari Bahasa Dayak Ngaju. Isen Mulang tersebut artinya 'Pantang Mundur'. Festival ini memang untuk mengakomodir keanekaragaman budaya se-Kalimantan Tengah. Yang tentunya, dikemas dengan beragam kegiatan. Seperti karnaval dan lomba. Dengan basik budaya Dayak, ada beragam keunikan tradisi yang akan ditampilkan.Beberapa event budaya yang akan ditampilkan diantaranya Lomba Balogo, Manewang, dan Manetek. Ada juga Budaya Karungut, Sepak Suwut, hingga Besei Kambe. Dalam festival ini juga akan ada pemilihan Jagau dan Blawi Nyai Kalimantan Tengah, yaitu abang-none versi Kalimantan Tengah.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural merangkap sebagai Ketua Pelaksana Program 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti,   kegiatan Festival Budaya Isen Mulang - FBIM telah berjalan sejak 1993 dan pengunjungnya terus meningkat.Pada FBIM 2018 ditargetkan mendatangkan 500 wisatawan mancanegara dan 20 ribu wisatawan nusantara. Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang masuk dalam 100 CoE WI 2018 menjadi salah satu even ungulan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke Kalimantan Tengah.

Read 13 times Last modified on Thursday, 17 May 2018 21:29