Wednesday, 23 May 2018 00:00

Hari Penyu dan Kura-Kura Sedunia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Warna-Warni. setiap tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia atau World Turtle Day-WTD. Susan Tellem and Marshall Thompson pendiri American Tortoise Rescue-ATR menggagas untuk pertama kalinya WTD pada tahun 1990. Salah satu alasan penetapan hari ini adalah sebagai pengakuan bahwa kehidupan beberapa spesies penyu berada di jurang kepunahan karena bahaya faktor lingkungan, perburuan dan penetasan telur.

Saat ini terdapat sekitar 263 spesies kura-kura darat, air tawar dan penyu, dan sekitar 73 spesies dinyatakan terancam punah. Selain itu peringatan ini diadakan untuk lebih memberikan perhatian kepada kura-kura dan penyu. Perayaan hari Penyu dan Kura-kura Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 2000.

Mengapa pada bulan Mei dirayakan sebagai Hari Penyu ? Bulan Mei dipilih untuk merayakan hari kura-kura Sedunia karena bulan ini adalah salah satu bulan tersibuk untuk kura-kura. Waktu saat kura-kura bangun dari tidur panjang selama musim dingin, mulai mencari pasangan dan tempat untuk bertelur.

Populasi kura-kura di seluruh dunia saat ini terus berkurang sebagai akibat dari perusakan habitat asli mereka akibat pembangunan, peningkatan kebutuhan kura-kura sebagai makanan, dan tingginya perdagangan kura-kura sebagai hewan peliharaan. Tingkat kematian telur-telur kura-kura sangat tinggi karena dimangsa oleh kepiting hantu, rakun, dan rubah.

cara merayakan World Turtle Day ini bermacam-macam. Ada yang menggunakan kaos bergambar kura-kura dan penyu, melepaskan anak penyu ke alam liar, ada juga yang belajar tentang kura-kura dan penyu. Perayaan World Turtle Day juga dirayakan di dunia maya dengan menggunakantagar #WorldTurtleDay.

Sebagai langkah untuk melindungi kura-kura dari kemusnahan, American Tortoise Rescue-ATR mengeluarkan beberapa petunjuk bagi perlindungan huwan ini. Antara lain: Jangan membeli kura-kura sebagai binatang peliharaan, jangan melepaskan kura-kura peliharaan di alam bebas, karena kemungkinan besar tidak bisa bertahan hidup.

Tapi jika Anda tetap bersikeras ingin memelihara kura-kura, disarankan untuk bergabung dengan yayasan pelindung binatang ini, dan belajar lebih banyak.

Selain itu, juga diharapkan membantu agar habitat kura-kura tetap dijaga supaya tidak tercemar. Selain itu, ikut aktif mengimbau pemerintah lokal untuk menjaga habitat kura-kura dengan tidak mengizinkan usaha yang merusak ekosistem.

Read 1649 times