Monday, 28 May 2018 00:00

Danau Paniai, Papua

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Hari ini kami akan memperkenalkan Danau Paniai di Papua. alam Papua tidak henti-hentinya menyajikan pesona alam yang memukau. Mulai dari pantai, pegunungan, gua, hingga danau. Salah satu danau yang memiliki pemandangan yang memukau adalah Danau Paniai yang terletak di Kecamatan Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

pada awalnya, Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage dinamakan Wisselmeren. Nama ini merupakan nama dari seorang pilot berkebangsaan Belanda bernama Frits Julius Wissel, yang pertama kali menemukan ketiga danau ini. Pada masa kolonial Belanda, nama Wisselmeren lebih populer dibanding Paniai. Wisselmeren berasal dari bahasa Belanda yang berarti “Danau-danau Wissel”.Danau Paniai adalah danau terbaik dan terindah di Seluruh Dunia yang dinyatakan oleh 157 Negara-negara pemilik danau di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.Danau Paniai memiliki luas yang mencapai 14.500 hektare dan berada diketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang begitu tinggi, udara di sekitar Danau Paniai terasa sangat sejuk. Tidak hanya berhawa sejuk, terdapatnya bebatuan dan pasir di tepian danau, serta dikelilingi oleh tebing yang tinggi, menambah daya tarik objek wisata ini.Dibalik keindahan alam Danau Paniai, danau ini juga menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Diantara banyak jenis ikan air tawar yang terdapat di danau ini, ikan Pelangi adalah ikan yang paling sering dicari oleh para nelayan dan kolektor ikan, karena bernilai ekonomis tinggi.

kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di Danau Paniai ini antara lain, jalan-jalan disekitar danau, memancing, atau membakar ikan hasil tangkapan. Selain itu, anda juga dapat mendaki bukit-bukit yang ada di pinggir danau. Dari atas bukit tersebut, anda dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa dengan sejuknya hembusan angin yang menyegarkan.Untuk menuju Danau Paniai, anda dapat berangkat dari Kota Enarotali, ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari kota tersebut, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus yang akan mengantar anda sampai objek wisata ini. Bagi anda yang ingin bermalam disekitar danau ini dapat menginap dibeberapa penginapan yang tersedia atau di rumah-rumah penduduk sekitar.

Read 1242 times Last modified on Tuesday, 29 May 2018 06:04