Thursday, 14 June 2018 12:59

Industri Perkereteapian Indonesia Menuju Kemandirian

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Perkembangan industri perkeretaapian di Indonesia telah dimulai pada 1867. Berarti, usianya sudah 150 tahun. Di usia tersebut, industri kereta api  Indonesia semakin berkembang maju. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia saat ini termasuk salah satu pemain industri manufaktur sarana kereta api terbesar di Asia Tenggara. Buktinya, produk industri kereta api dalam negeri telah mampu memenuhi pesanan pasar domestik, bahkan luar negeri,  khususnya ke negara berkembang dan kawasan regional.

Industri perkeretaapian Indonesia memiliki potensi dan prospek bisnis yang besar. Oleh karena itu, kereta api menjadi industri prioritas dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional  2015-2035. Sejak perpres tersebut diberlakukan, pemerintah dan seluruh pemangku industri kereta api di Indonesia telah melakukan langkah konkret untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri perkeretaapian nasional. Langkah ini ditandai dengan terbentuknya Asosiasi Industri Manufaktur dan Penunjang Perkeretaapian Indonesia (Indonesia Railway Component Manufacture Association).  Selain itu, dibentuk pula  Perkumpulan Industri Kecil Kereta Api yang anggotanya terdiri atas berbagai industri di bidang metal, karet, plastik serta lembaga riset. Ada juga   konsultan yang berjumlah sekitar 50 industri komponen perkeretaapian dan di dalamnya termasuk PT Inka (Persero) sebagai integrator.

Pembentukan asosiasi tersebut sangat bagus dalam rangka mensinergikan kemampuan industri kereta api di dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk asing. Ini  juga merupakan satu  langkah penting bagi kemandirian industri kereta api nasional.  

Sekitar 90 persen bahan baku yang digunakan oleh industri kereta api berasal dari dalam negeri. Industri penunjang dan komponen dalam negeri saat ini sudah mampu memproduksi sekitar 70 persen dari total kebutuhan komponen kereta api nasional, termasuk rangka kereta api. 

Bila industri  perkeretaapian Indonesia berkembang menjadi mandiri maka akan mampu menjadi mesin pendorong ekonomi sekaligus kebangkitan teknologi nasional di masa depan.

Penguasaan teknologi bakal memastikan kemandirian industri kereta api Indonesia ke depan. Untuk itu, pengembangan industri kereta api beserta industri penunjangnya harus diperkuat dengan penguasaan teknologi dan aktivitas riset yang berkelanjutan serta bervisi jangka panjang.

Read 12 times Last modified on Monday, 25 June 2018 17:29