Monday, 18 June 2018 13:04

Idul Fitri, Sarana Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Jumat 15 Juni 2018, sebagian besar Muslim di seluruh dunia merayakan  Idul Fitri. Hari Raya ini merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah puasa yang dilaksanan selama satu bulan sebelumnya. Maka tidaklah heran apabila Idul Fitri dikatakan sebagai hari kemenangan setelah satu bulan penuh umat Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia , berpuasa serta menahan diri dari lapar dan haus serta hawa nafsu di bulan Ramadan.  Hari kemenangan tersebut disambut  dengan keceriaan. Di mesjid-mesjid, baik di kota maupun di desa,  tak henti-hentinya  terdengar kumandang suara takbir, memuji kebesaran Allah.

Bagi umat Islam, Idul Fitri bisa berarti kembali kepada keadaan suci, atau bebas dari segala dosa dan noda sehingga berada dalam keadaan suci atau fitrah.  Di hari Idul Fitri, di Indonesia khususnya,  umat Islam dianjurkan untuk saling bermaafan atas segala kesalahan yang pernah  dilakukan, baik yang disengaja maupun  tidak.

Setelah Idul Fitri,  umat Islam diharapkan  tetap menjalankan semua kebaikan yang dilakukan selama bulan suci Ramadan. Yaitu,  menahan diri dari hawa nafsu serta  melakukan hal-hal yang baik . Sesungguhnya, inti dari berpuasa di bulan Ramadan adalah peningkatan kualitas diri menjadi manusia yang lebih baik.

Read 15 times Last modified on Monday, 25 June 2018 17:19