Friday, 22 June 2018 00:00

Perayaan HUT Ke 401 Kota Jakarta

Written by 
Rate this item
(0 votes)
     

Hari ini, 22 Juni, masyarakat Jakarta merayakan HUT kota Jakarta ke-491. Tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah  melakukan pencanangan HUT ke 491 Kota Jakarta di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Sabtu (6/5).

Untuk pertama kalinya Kepulauan Seribu menjadi lokasi pencanangan HUT DKI Jakarta. Pencanangan kali ini pun menjadi ajang untuk meningkatkan pariwisata di Kepulauan Seribu sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan oleh Pemerintah. Pencanangan ditandai dengan diresmikannya penggunaan kapal pengangkut bahan pangan bagi warga Kepulauan Seribu oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan memilih Pulau Tidung sebagai tempat pencanangan HUT DKI Jakarta ini bertujuan untuk mempromosikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata baru. Promosi ini bertujuan untuk menggaet para investor yang berminat membangun seperti penginapan dan penyedia transportasi laut di Kepulauan Seribu.Sandiaga Uno menyebut ada sejumlah kegiatan dalam rangkaian HUT DKI tersebut, di antaranya festival musik reggae dan puncak acaranya adalah kegiatan aquathlon. Mengawali rangkaian HUT DKI Jakarta, Sandi menyampaikan, ada sejumlah rangkaian kegiatan di Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, yakni, gerebek sampah pantai, pelepasan tukik, hingga pelepasan benih ikan.

Rangkaian perayaan hari ulang tahun kali ini bertemakan "Adil, Maju, dan Bahagia” yang menggambarkan tujuan pembangunan Jakarta serta sesuai dengan visi misi Pemprov DKI Jakarta yaitu “Maju Kotanya, Bahagia Warganya”.

Pencanangan juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta. Adapun lokasi pencanangan di lima Kota Administrasi DKI Jakarta adalah RPTRA Madu Sela, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat; di Jakarta Barat dilakukan di Jalan Tomang Raya, depan JNE; di Jakarta Utara dilakukan di sisi Timur Danau Sunter; di Jakarta Selatan dicanangkan di Taman Tabebuya Jagakarsa dan di Jakarta Timur di Kawasab Banjir Kanal Timur.

Kegiatan di tingkat Provinsi, ada 30 kegiatan perayaan. Sedangkan di tingkat kota dan kabupaten, diserahkan kepada masing-masing Pemerintah Kota serta Pemerintah Kabupaten. Misalnya, di Jakarta Utara, ada 61 kegiatan digelar menyambut perayaan HUT ke-491 DKI. Salah satunya lomba perahu dayung di Danau Sunter. Dipilihnya Danau Sunter bertujuan mendorong kawasan ini menjadi destinasi unggulan Pemda DKI Jakarta.Selain pelepasan balon, dilakukan pula peresmian prasasti Festival Danau Sunter. Ditandatangani Menteri Kelautan dam Perikanan Susi Pudjiastuti dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Read 850 times