Monday, 02 July 2018 11:33

HUT POLRI KE 72

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Tanggal 1 Juli 2018 Kepolisian Republik Indonesia atau yang sering disingkat dengan Polri memperingati hari jadinya yang ke 72. Di usia yang sudah cukup matang, Polri telah melalui sejarah dan perjalanan yang cukup panjang serta menoreh prestasi yang cukup membanggakan.

Pada awal berdirinya, Kepolisian bernama Djawatan Kepolisian Negara dan secara administrasi berada  di bawah Kementerian Dalam Negeri. Sedangkan untuk masalah operasional, berada di bawah   Jaksa Agung. Pada tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D,  Djawatan Kepolisian Negara dinyatakan  bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai hari jadi Polri atau dikenal dengan Hari Bhayangkara.

Polri merupakan lembaga  negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Berperan langsung dalam  menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya  dalam rangka memelihara keamanan dalam negeri.

Saat ini,  peran dan tugas Polri semakin teruji, terutama dalam menghadapi kejahatan luar biasa seperti  ancaman terorisme, peredaran narkoba, serta tindak pidana korupsi.

Dalam menghadapi ancaman terorisme, selain bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri juga memiliki pasukan elite yang bernama Densus (Detasemen Khusus) 88.  Yaitu satuan yang dilatih khusus sebagai unit antiterorisme serta memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.

Permasalahan narkoba juga menjadi bagian dari tugas Polri. Seperti  dalam kasus pengungkapan 1 ton sabu di kapal MV Sunrise Glory, awal Februari 2018 lalu.

Desember 2017 yang lalu, Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi) merilis survei tingkat kepuasan terhadap kinerja Polri selama 2017. Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Hasibuan, ada peningkatan angka kepercayaan publik pada kebijakan keamanan. Sekitar 68,5 persen masyarakat menyatakan  sangat puas. Polri juga dianggap berhasil menjalin sinergitas dan koordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Prestasi dan inovasi pelayanan di berbagai bidang ini membuat masyarakat semakin nyaman.

Patut disyukuri, kinerja dan citra Polri makin diapresiasi publik. Opini publik terhadap kerja polisi saat ini menandakan optimisme meski berbagai kekurangan masih menjadi catatan. Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia.

Read 135 times Last modified on Tuesday, 03 July 2018 08:17