Wednesday, 04 July 2018 08:16

Enam Grup Kesenian Asing Meriahkan PKB.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Sebanyak enam grup kesenian dari luar negeri turut memeriahkan ajang Pesta Kesenian Bali ke-40 yang digelar di Taman Budaya, Denpasar, 23 Juni-21 Juli 2018.
Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha di Denpasar, Rabu mengatakan, partisipasi dari seniman asing tentu menjadikan PKB tidak saja sebagai ajang kesenian bertaraf lokal dan nasional, tetapi juga bertaraf internasional. Dikatakannya, partisipasi dari luar negeri yang tampil dalam PKB tahun ini yakni dari grup Japannese Traditional Kabuki Music Japan, Indian Culture Center, Grup Kesenian Wadaiko Dream Team Jepang, Grup Bintang Asia Jepang, Kedutaan Peru dan Pemerintah Provinsi Guangxi China.
Dewa Putu Beratha mengharapkan ke depan agar partisipasi seniman asing lebih banyak lagi karena tidak saja memberikan warna dalam berkesenian, sekaligus para seniman tersebut dapat turut mempublikasikan kepariwisataan Bali karena mereka akan bercerita setelah kembali ke negaranya.  Menurut dia, keterlibatan seniman asing dalam PKB, sekaligus diyakini sebagai bentuk diplomasi budaya dan menyatukan perbedaan-perbedaan maupun sekat yang ada lewat kesenian
.

116 Jemaah Haji Asal Pandeglang Dapat Prioritas Pemberangkatan.

Sebanyak 116 jemaah haji asal Kabupaten Pandeglang, mendapatkan prioritas pemberangkatan pada tahun 2018. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya mendapat jatah prioritas pemberangkatan sebanyak 59 jemaah. Ke 116 jemaah itu diusulkan mendapat percepatan pemberangkatan lantaran masuk kategori Lansia dan Mahram. Sesuai dengan ketetapan dari Kementerian Agama, kategori Lansia, Mahram, dan jemaah yang terkendala gagal sistem pada tahun sebelumnya, mendapat prioritas pemberangkatan. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Haji Kemenag Kabupaten Pandeglang, Wawan Sofwan saat kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Pandeglang di Gedung Graha Pancasila, Senin (2/7/2018). Wawan Sofwan menyebutkan, 116 jemaah yang mendapat prioritas itu, merupakan bagian dari 815 jemaah asal Pandeglang yang berangkat tahun ini. Sedangkan alokasi total jemaah haji se propinsi Banten sebanyak 9.420 jemaah. Peningkatan alokasi jemaah prioritas itu, seiring dengan ditambahnya jatah jemaah haji untuk Pandeglang tahun ini. Wawan Sofwan mengaku bersyukur dengan penambahan jumlah jemaah itu. Karena dengan demikian, maka alokasi jemaah haji bagi Pandeglang hampir mendekati normal, pasca dalam beberapa tahun terakhir kerap dipangkas akibat adanya pembatasan jemaah asal Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi.

Debu Vulkanik Gunung Agung Mulai Menyebar di Banyuwangi

Debu vulkanik, letusan Gunung Agung yang berada di Karangasem, Bali, Selasa (3/7/2018) sudah menyebar di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Warga Banyuwangi, Jawa Timur. Berdasarkan pantauan RRI, sejak pagi warga sudah merasakan adanya butiran putih tipis yang menempel, dikendaraan, tanaman hingga teras rumah warga yang tinggal diwilayah kecamatan kota Banyuwangi dan sekitarnya. Salah satu warga Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah Banyuwangi, Indah Wahyu membenarkan adanya butiran halus yang ada diteras rumahnya, selain itu kendaraan, pagar dan bunga didepan rumahnya juga, terpapar debu vulkanik yang diduga berasal dari Gunung Agung. Hal itu dikatakan Indah Wahyu, di Glagah Banyuwangi, Selasa (3/7/2018). Sebagai informasi Gunung Agung meletus pada Senin (2/7/2018) sekitar pukul 21.04 Wita, material vulkani berupa debu mengarah ke Barat, dan dampaknya sudah terasa di Banyuwangi sejak Senin (2/7) pukul 22.30 WIB. Selain itu saat ini kondisi awan diwilayah Banyuwangi dan sekitarnya sedikit mendung, namun kondisi tersebut belum diketahui apakah kondisi cuaca tersebut merupakan dampak dari erupsi Gunung Agung tersebut.

Read 895 times Last modified on Wednesday, 04 July 2018 08:54