Monday, 09 July 2018 13:45

Menanti Nama Calon Wakil Presiden Mendatang

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan bahwa ia sudah memiliki nama calon pendampingnya, calon wakil presiden. Nama itu yang akan dicalonkan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Presiden Joko Widodo menyampaikan hal itu usai menghadiri acara penutupan Rembuk Nasional Aktifis 98, Sabtu di Jakarta.

Belakangan ini, masyarakat Indonesia memang mulai menebak-nebak siapa yang akan diusulkan menjadi calon presiden dan wakil presiden. Nama Joko Widodo sebagai calon presiden, sudah diperhitungkan banyak pihak. Beberapa partai, bahkan sudah mendeklarasikan Joko Widodo sebagai calon presiden  dalam pemilihan umum presiden 2019.

Bila kemudian banyak yang menebak-nebak, siapa yang akan mendampingi Joko Widodo sebagai calon wakil presiden, tentu bukan tanpa alasan. Undang-undang Dasar 1945 memang mengatur, presiden dan wakil presiden hanya bisa menjabat selama 2 periode. Jadi sudah dipastikan wakil presiden petahana saat ini, Jusuf Kalla tak punya hak dipilih dalam Pemilihan Umum Presiden 2019. Karena ia sudah dua kali menjabat, yaitu pertama pada periode 2004 -2009, menjadi wakil presiden dari Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian untuk periode 2014  - 2019,

Sudah adanya beberapa nama yang disebut-sebut, rasanya sangat wajar. Karena, pemilihan Presiden dan wakil presiden untuk periode 2019 – 2024, hanya tinggal hitungan bulan. Masyarakat Indonesia pada umumnya, dan calon pemilih pada khususnya, tentu juga sudah mulai mengira-ngira, siapa yang akan dipilih pada 17 April 2019.  Nama-nama yang disebut mulai dari nama  yang masih menjabat sebagai gubernur, yang pernah menjabat sebagai panglima Tentara Nasional Indonesia, anak dari mantan presiden, hingga pengusaha.

Nama-nama yang akan masuk dalam daftar nama calon tetap, memang masih harus ditunggu. Masyarakat Indonesia baru mengetahui siapa yang akan diusung 14 Partai Politik Peserta Pemilu 2019, pada September mendatang. Tentunya diharapkan nama-nama yang akan diusulkan adalah mereka yang punya rasa cinta tanah air yang sangat tinggi dan memiliki visi yang kuat untuk menguatkan posisi Indonesia di dunia internasional. Nama-nama itu pasti juga ditunggu dunia Internasional, karena saat ini memainkan peran penting di dunia internasional. Nama-nama itu juga dapat memberi keyakinan kepada pemilih di Indonesia, bahwa mereka akan mewujudkan segala target yang telah dicanangkan.

Read 6 times