Tuesday, 10 July 2018 10:31

Miliki Kesamaan Prinsip, Argentina Senang Indonesia Terpilih Sebagai Anggota DK PBB

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Kedutaan Besar Argentina di Jakarta menggelar peringatan Hari Nasional Argentina yang ke 202 pada Senin, 9 Juli di Jakarta. Duta Besar Argentina untuk Indonesia, Ricardo Luis Bocalandro dalam pidatonya mengatakan, Argentina dan Indonesia adalah mitra yang memiliki hubungan erat dan memiliki kesamaan-kesamaan. Ia menyebut, Argentina dan Indonesia memiliki kesamaan nilai di bidang perdamaian dan keamanan Internasional. Oleh sebab itu Argentina merasa sangat senang karena Indonesia terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.  

“ Di antara kesamaan-kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Argentina, adalah penghargaan yang mendalam kepada prinsip-prinsip utama masyrakat internasional. Indonesia dan Argentina sepenuhnya menghormat prinsip non intervention territory and integrity, sepenuhnya menghormati solusi untuk semua perselisihan internasional dilakukan melalui diplomasi dan diskusi dan negosiasi antar negara sahabat. Kami sangat senang mengetahui bahwa sekarang Indonesia menjadi anggota dewan keamanan PBB karena kami tahu bahwa prinsip-prinsip yang dipegang Indonesia adalah juga prinsip kami “.  

Duta Besar Ricardo Luis Bocalandro lebih lanjut mengatakan, Argentina dan Indonesia juga memiliki kesamaan yaitu anggota G20. G20 merupakan negara-negara dengan perekonomian paling signifikan. Akhir tahun ini pemimpin negara-negara G20 akan berkumpul pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Buenos Aires, Argentina. Argentina akan senang sekali menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. Duta Besar Bocalandro masih mengingat kedatangan Presiden Soekarno ke Argentina saat presiden pertama Indonesia ini merupakan pendiri dari Gerakan Non Blok. Dengan kesamaan yang dimiliki, ia berharap kedepannya hubungan yang dimiliki oleh kedua negara akan semakin erat. (voi/sekar)

Read 44 times