Thursday, 12 July 2018 00:00

Curug Mandala

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan CURUG MANDALA. Subang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini dianugerahi potensi alam melimpah yang oleh pemerintah setempat juga dikembangkan untuk pariwisata. Berbicara mengenai pariwisata, Subang secara garis besar dibagi menjadi 3 zona utama mulai dari laut di utara, dataran yang luas di bagian tengah hingga pegunungan yang sejuk di selatan. Ketiga zona berbeda ini membuat Subang memiliki destinasi wisata yang beragam. Dari aneka ragam objek wisata yang ada, Subang dikenal dengan objek wisata pemandian air panas Ciater dan curug atau air terjunnya yang indah.

salah satu destinasi wisata air terjun indah di Subang yang wajib anda kunjungi, ketika berkunjung kesana adalah Curug Mandala. Curug Mandala berlokasi di Dusun Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Subang, Jawa Barat. Untuk menuju Curug Mandala, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama karena letaknya yang cukup dekat dari pusat kota. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua untuk tiba disana. Sesampainya di pintu masuk curug dan membayar tiket seharga Rp10 ribu per orang serta biaya parkir kendaraan Rp2 ribu per kendaraan, anda bisa masuk ke hutan untuk menuju curug. Disediakan papan penunjuk arah sehingga memudahkan wisatawan.

Curug Mandala memiliki pemandangan alam yang hijau dan indah. Ada perkebunan Teh yang menghampar luas. Curug Mandala juga punya keunikan tersendiri dimana air terjunnya punya beberapa tingkatan. Di bagian bawah, terdapat air terjun yang paling tinggi. Kemudian, di atas aliran tersebut, anda akan menemukan aliran air lain yang lebih pendek. Bila dilihat dari atas, bentuk air terjun ini seperti undakan tangga. Berwisata kesana, nikmatilah kesegaran airnya. Jangan lupa juga mengabadikan keindahan alam Curug Mandala dengan berfoto ria. Anda juga bisa melakukan camping di objek wisata ini.

Diberi nama Curug Mandala, konon dahulu dikisahkan ada seorang patih dari kerajaan di tanah pasundan yang bernama Patih Mandala. Dikabarkan ia bertapa dan “moksa” (mati dengan cara menghilang tanpa meninggalkan jejak/jasad menuju nirwana) ditempat ini. Dari kisah tersebutlah, maka air terjun ini dinamakan Curug Mandala. Objek Wisata Curug Mandala dikelola secara resmi oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII bekerjasama langsung dengan pemuda Karang Taruna Panaruban, Subang. Karena telah dikelola secara resmi, fasilitas umum pun sudah tersedia dengan cukup baik ditempat ini, mulai dari lahan parkir, toilet, mushola, serta beberapa taman dan saung bambu untuk beristirahat.

Read 22 times