Sunday, 15 July 2018 10:15

Jumlah Wisatawan India ke Sumatra Utara Terus Naik

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Jumlah wisatawan dari India yang berkunjung ke Sumatra Utara hingga Mei lalu terus naik dan mencapai 1.715 orang dari 1.424 orang pada periode yang sama 2017. Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Sumatra Utara, Solahuddin Nasution, menyebutkan, potensi kedatangan wisatawan dari India memang masih cukup besar.Sejumlah travel biro mulai fokus menggarap wisatawan dari India yang selama ini cenderung ke Bali.Duta Besar  India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat, mengakui, Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang mengambil peran sebagai pioner yang menguatkan hubungan kerja sama yang telah dijalin antara India dan Indonesia. Sementara, menurut Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Utara, Syech Suhaimi, di Medan, Jumat (13/7), secara total, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatra Utara turun 14,25 persen pada Mei lalu.Pada Januari - Mei 2018, jumlah wisatawan mancanegara Sumatra Utara sebanyak 88.464 orang dibanding periode yang sama 2017 yang tercatat 103.171 orang. Penurunan kunjungan wisatawan dipicu turunnya kedatangan dari sejumlah negara seperti dari Tiongkok dan Australia.

LRT Jadi Kebanggaan Masyarakat Palembang.

Sejumlah warga Sumatra Selatan menyatakan bangga daerahnya memiliki infrastruktur moderen kereta layang ringan atau Light Rail Transit -LRT dalam Kota Palembang. Masyarakat berharap, LRT bisa mengangkat kehidupan warganya dari berbagai sisi.Kepala Dusun III Desa Sigam Kayal Sari, Kabupaten Muara Enim, Sahbihis, juga bangga atas dibangunnya LRT di Palembang. Ia berharap, hadirnya infrastruktur moderen itu dapat juga berdampak di kabupaten. Presiden Joko Widodo  melakukan kunjungan kerja ke Palembang selama dua hari, 13 dan 14 Juli ini untuk sejumlah kegiatan, diantaranya meninjau pembangunan LRT. Presiden  Jokowi merasa senang, karena LRT ini konstruksinya 95 persen merupakan konten lokal. Saat ini proses uji kereta api yang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ini sudah sampai pada stasiun pemberhentian terakhir, yaitu kawasan Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City. Selain itu, pihak otoritas saat ini sedang menguji standar kelayakan untuk mengeluarkan sertifikasi terkait keselamatan konstruksi dan transportasi. LRT Sumatra Selatan diharapkan dapat digunakan saat Asian Games ke-18 pada Agustus mendatang.

Aktivitas Vulkanik Anak Krakatau Tinggi.

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI menginformasikan, Jumat (13/7), aktivitas vulkanik Gunung anak Krakatau  masih tinggi.Gunung anak Krakatau saat ini berada pada tingkat aktivitas Level II atau WASPADA.Oleh karena aktivitas vulkanik tersebut, masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius satu kilometer  dari kawah.Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani. mengatakan, aktivitas saat ini berupa keluarnya material vulkanik dari Kawah Krakatau dalam bentuk lontaran material pijar yang jatuh di sekitar tubuh Gunung anak Krakatau.Selain itu juga guguran lava pijar yang mengarah ke selatan.Fenomena lain yang terpantau atau dirasakan dari Pos Pengawasan  di Pasauran, kawasan Pantai Anyer adalah bunyi aktivitas letusan dari arah gunung yang cukup keras dengan frekuensi kejadian yang cukup rapat.

Read 1045 times