Tuesday, 17 July 2018 00:00

Situs Informasi Makanan Halal Pertama di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni kali ini mengenai informasi mengenai Situs Informasi Makanan Halal Pertama di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Namun sayangnya, tidak serta merta dengan mudah menemukan tempat makan yang halal dan sudah tersertifikasi di berbagai daerah di Indonesia. Hal inilah yang membuat Aditia Ginantaka, Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) kemudian mengembangkan website yang memungkinkan semua orang terutama wisatawan muslim menemukan tempat makan yang sudah terjamin kehalalannya. Website makanan halal ini bernama halalfoodtrace.com. halalfoodtrace.com bisa diakses langsung melalui telepon genggam dengan mengetikkannya pada mesin pencari di internet.

halalfoodtrace.com dikembangkan sebagai salah satu inisiatif untuk menghadirkan solusi bagi wisatawan muslim saat berwisata dan mencari kuliner halal. Dengan menghadirkan informasi kuliner halal, diharapkan para traveller bisa mendapatkan ketenangan dan kepastian kehalalan kuliner yang disantap. Website ini merupakan hasil riset dari peneliti di Fakultas Ilmu Pangan Halal, program studi Teknologi Industri yang memenangkan Hibah penelitian dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di tahun 2017.

Halalfoodtrace.com memuat semua daftar kuliner mulai dari makanan, minuman hingga oleh-oleh khas daerah destinasi wisata di Indonesia. Saat mencari produk kuliner ataupun oleh-oleh, wisatawan cukup memasukkan kategori kuliner serta nama kota yang mereka kunjungi dalam mesin pencari pada website ini. Website kemudian akan menampilkan daftar kuliner lengkap dengan informasi lokasi. Melalui fitur “get direction” pengguna website dapat langsung mengetahui rute jalan untuk sampai ke lokasi dimana produk kuliner tersebut berada. Tempat makan dan minum serta oleh-oleh yang ditunjukkan oleh webstite sudah tersertifikasi halal lengkap dengan nomor Sertifikat Halal dari MUI. Selain itu, wesbsite ini juga menyediakan informasi lengkap untuk mencari cemilan dan tempat nongkrong yang asyik, kekinian dan juga terjamin halalnya. Pengguna cukup meng-klik Menu: Cemilan atau Nongkrong, semua informasi yang dibutuhkan, bisa dengan cepat ditampilkan.

Read 930 times