Wednesday, 18 July 2018 07:57

Pertemuan Trump dan Putin, Awal Baik Bagi Peningkatan Hubungan Amerika Serikat dan Rusia.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sebagaimana ketika hendak bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menjelang pertemuan di Helsinki, Finlandia, pertemuan Donald Trump dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga didahului dengan tanda tanya. Sejumlah pengamat internasional menyangsikan kepastian pertemuan kedua pemimpin, tetapi juga apa yang akan dihasilkan dari pembicaraan Trump dan Putin. Mata duniapun menyaksikan, akhirnya Donald Trump bertemu dengan Vladimir Putin di Helsinki.

Dugaan mengenai hasil pertemuan terjawab dengan pernyataan kedua Presiden negara besar itu setelah mereka bertemu. Presiden Amerika Serikat menyatakan bahwa pertemuan empat mata dengan rekannya dari Rusia itu telah menjadi awal yang baik. Presiden Rusia kepada wartawan menyatakan  pertemuan dengan Trump telah menjadi ajang bernegosiasi. Menurut Putin, pembicaraan empat mata yang berlangsung selama dua jam dengan Trump telah berlangsung dengan atmosfer yang terbuka dan konstruktif. Jika Trump menyatakan bahwa pembicaraan di Helsinki merupakan awal yang baik, Putin mengemukakan hal yang lebih jauh dari itu, Putin menilai,diskusi telah itu sukses dan bermanfaat.

Dari penjelasan kedua pemimpin, pertemuan di Helsinki pada hari Senin, telah dapat dicatat sebagai ajang membicarakan tidak hanya hubungan bilateral, melainkan juga membahas isu regional dan internasional. Dalam perspektif bilateral, Putin dan Trump telah mencoba membicarakan hambatan bilateral baik politis maupun psikologis.  Baik Putin maupun Trump telah mengklarifikasi tudingan adanya intervensi Moskow atas pemilu Presiden yang dimenangkan oleh Trump. Di bidang ekonomi dibicarakan upaya meningkatkan hubungan yang sudah terjadi selama ini.

Mengenai masalah internasional Putin sebelum pertemuan menyatakan bahwa pertemuannya dengan Trump akan membicarakan masalah multinasional yang rumit. Satu yang mereka diskusikan adalah posisi keduanya terkait peran Iran, khususnya dalam masalah uji coba dan produksi nuklir.

Pertanyaannya apakah pertemuan Pemimpin Amerika Serikat dan Rusia akan memberikan dampak signifikan dalam konteks hubungan hubungan regional dan internasional ? Dalam pernyataan yang dibalut retorika diplomatik, baik Putin maupun Trump telah menunjukkan sinyal positif. Dapat kiranya dikatakan bahwa pertemuan Donald Trump dan Vladimir Putin, merupakan awal yang baik. Terutama bagi terjalinnya hubungan baik di antara kedua negara, yang memburuk khususnya sejak aneksasi semenanjung Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. 

Read 34 times Last modified on Wednesday, 18 July 2018 09:31