Thursday, 19 July 2018 00:00

Tomohon International Flower Festival ke-8

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai  Tomohon International Flower Festival ke-8. .

Tomohon, salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara lokasinya sekitar 22 kilometer ke arah timur dari Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini berada di ketinggian kira-kira 700 hingga 800 meter diatas permukaan laut dan diapit oleh 2 gunung berapi aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu, sehingga Tomohon punya kondisi tanah yang subur dan cuaca yang relatif sejuk. Hal inilah yang menjadi faktor  pendukung masyarakat  Tomohon membudidayakan berbagai tanaman bunga. Karena produksi bunganya yang besar dengan kualitas baik, pemerintah kota Tomohon mencitrakan dirinya sebagai kota  bunga, sehingga samapi saat ini, Tomohon dikenal sebagai Kota Bunga.

Mengukuhkan diri sebagai kota Bunga, tiap tahunnya Tomohon menggelar festival bunga bertajuk Tomohon International Flower Festival (TIFF). TIFF 2018 digelar dalam upaya mempromosikan Tomohon yang semakin dikenal wisatawan sebagai pusat industri bunga terbesar di Indonesia, serta tujuan wisata lingkungan, ecotourism maupun agrotourism. Tahun ini, festival bunga ini akan digelar kembali pada 8 hingga 10 Agustus 2018 di Tomohon. Acaranya sudah diluncurkan tanggal 9 Juli kemarin oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Menteri Pariwisata  mengatakan penyelenggaraan event TIFF 2018 masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018 dan memiliki kualitas berstandar nasional dengan benchmarking festival bunga internasional Pasadena, Amerika Serikat, yang sudah lama mendunia. Arief Yahya berharap, ke depan festival bunga ini akan semakin banyak menarik peserta dari mancanegara. Dilaporkan bahwa terjadi kenaikan wisatawan secara signifikan tiap tahunnya saat acara tersebut. Dari tahun 2016 hingga 2017, wisatawan mancanegara yang datang untuk TIFF dari 26.441 menjadi 39.000 orang. Untuk acara TIFF tahun ini ditargetkan kunjungan 90.000 wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 500.000 wisatawan nusantara (wisnus).

TIFF 2018 mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon, Sing with Flowers', untuk menegaskan bahwa Tomohon sebagai kota bunga memiliki alam yang indah yang dikaruniai banyak gunung, danau, dan air terjun. Tahun ini kontingen karnaval dari negara lain yang sudah ikut serta sudah ada 19 negara. Terdiri dari 11 negara anggota Council of Asian Flower Exhibition (CAFÉ), ditambah 8 lainnya mulai Ceko, Nepal, Pakistan, Jepang, Kazakhstan, dan Georgia. Rombongan festival dibatasi 30 kendaraan sepanjang 10 kilometer, untuk menjaga kualitas agar tidak terlalu panjang. Tempat yang digunakan masih di Lapangan Kota Tomohon, eks Rindam dengan latar Gunung Lokon. Rangkaian acara TIFF 2018 meliputi Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang akan berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2017. Selain itu akan digelar pula Pameran Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon 7 hingga 12 Agustus 2018.

 

Read 937 times