Friday, 20 July 2018 12:55

Indonesia Undang Pelaku Bisnis Papua Nugini ke TEI 2018

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Selain melakukan upaya peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan, Indonesia dan Papua Nugini juga sepakat untuk meningkatkan interaksi antar pelaku bisnis di kedua negara. Upaya tersebut salah satunya diwujudkan melalui rencana kunjungan delegasi bisnis Indonesia ke Papua Nugini pada September mendatang. Selain itu Indonesia juga mengundang pelaku bisnis di Papua Nugini untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke 33 yang akan digelar pada tanggal 24 hingga 28 Oktober 2018 di International Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Banten. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan pers bersama Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Papua Nugini, Rimbink Pato di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (19/7).

“ Kami menyambut baik peningkatan nilai perdagangan bilateral yang cukup signifikan dari 179,2 juta Dolar AS pada tahun 2016 menjadi 208,89 juta Dolar AS. Kami menikmati peningkatan 17 persen dalam perdagangan bilateral kami. Saya juga mengatakan pada kepada Menteri Pato bahwa delegasi bisnis dari Indonesia akan berkunjung ke Papua Nugini pada bulan September 2018. Indonesia juga mengundang komunitas bisnis Papua Nugini untuk menghadiri Indonesia Trade Expo pada bulan Oktober 2018 “. Ungkap Retno Marsudi

Selain mengundang para pelaku bisnis Papua Nugini untuk datang ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada kesempatan tersebut juga menyampaikan undangan kepada Menteri Luar Negeri Rimbink Pato untuk hadir pada Our Ocean Conference yang akan digelar pada akhir Oktober mendatang dan Bali Democratic Forum yang keduanya akan digelar di Bali. Sejauh ini, berkaitan dengan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Papua Nugini, sudah ada beberapa kerja sama yang dijalin antara Papua Nugini dan Indonesia yang kebanyakan adalah ekspor bahan makanan dan minuman. Selain itu, terdapat pula ekspor peralatan rumah tangga, sabun, dan elektronik. (VOI/Rezha)

Read 434 times