Thursday, 26 July 2018 08:24

Giat Tentara Manunggal Membangun Desa Natuna Dinilai Berhasil

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 102 dilaksanakan Kodim 0318 Natuna di wilayah Kecamatan Pulau Tiga mendapat kunjungan langsung Staff Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Brigjen TNI Agus Heru Prasetyo, Selasa (24/7). Ia meninjau langsung pelaksanaan TMMD juga bersilaturahmi dengan warga di Kecamatan Pulau Tiga, pulau terluar Indonesia. Dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa, Pulau Tiga mendapat bantuan fisik berupa penambahan jalan semenisasi dan bimbingan ilmu pengetahuan tentang kesehatan, yang merupakan kerjasama antara TNI AD dan Kementerian Kesehatan (kemenkes) RI. Pihak Kemenkes pun juga turut memberikan bantuan berupa obat-obatan, alat kesehatan serta vitamin bagi bayi dan anak-anak didaerah tersebut. Pada kesempatan itu, Brigjen Agus kepada warga setempat berpesan, agar selalu menanamkan rasa cinta tanah air dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menjaga fasilitas yang dibangun bersama. Brigjen Agus mengatakan, meski berada di wilayah perbatasan dan jauh dari pusat pemerintahan, tidak berarti masyarakat diabaikan oleh pemerintah. Ia berharap semua fasilitas yang dibangun ini dapat dipergunakan dan dirawat bersama. Ia juga sangat mengapresiasi keikutsertaan masyarakat dalam membantu mensukseskan TMMD ke 102 secara sukarela. Dalam kunjungan kali ini brigjen Agus juga menyerahkan bantuan alat olahraga dan mesin pemotong rumput, serta memantau kegiatan kegiatan sosial dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat.

N(G)Antar Paimah" Sleman Raih Penghargaan SLRT Award

Bupati Sleman Sri Purnomo menerima penghargaan " Sistem Layanan Rujukan Terpadu SLRT Award" untuk inovasinya "N(G)Antar Paimah" atau Layanan Antar Sampai Rumah dan Layanan Sambang Warga dari Kementrian Sosial RI.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial PP Nazarudin di Jakarta Utara, Rabu. Bupati Sleman, Purnomo berharap, penghargaan itu menjadi motivasi bagi Kabupaten Sleman untuk meningkatkan pelayanan bidang sosial. Purnomo mengatakan, "N(G)Antar Paimah` merupakan inovasi yang memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin sehingga seluruh program pemerintah dapat menjangkau semua masyarakat yang berhak. N(G)Antar Paimah juga dapat dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan jasa pelayanan transportasi untuk diantar menuju layanan lanjutan, atau diantar sampai rumah.

Kodim 0726 Sukoharjo Kembangkan Program Farming Desa Jagan Bendosari.

Kami akhiri Varia Nusantara dengan kabar yaitu, Kodim 0726 Sukoharjo Kembangkan Program Farming Desa Jagan Bendosari.

Kodim 0726 Sukoharjo bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Sukoharjo terus berinovasi untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Salah satu yang dikembangkan adalah memaksimalkan lahan kritis tadah hujan menjadi lahan pertanian terpadu. “Pilot project” sistem “integrated farming” tersebut dilakukan oleh Kelompok Tani-Klomtan Subur Mulyo Desa Jagan, Kecamatan Bendosari. Letkol Inf. Candra Aryadi Prakoso kepada wartawan disela panen padi, tanam padi dan panen ikan di lahan Demplot desa Jagan Bendosari, Selasa (24/7) mengatakan, sistem perpaduan lahan pertanian akhirnya mampu menghasilkan produksi perpaduan hasil padi, ikan, ayam, dengan sistem limbah ternak dapat dipergunakan sebagai pupuk kesuburan tanah. Pihaknya berharap sistem “integrated farming” tersebut dapat dicontoh petani dan Klomtan lainnya untuk meningkatkan produktivitas pertanian khususnya di lahan kritis. Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Sukoharjo sudah banyak mengadopsi teknologi dibidang pertanian. Salah satunya “integrated farming” dengan menggabungkan semua komponen pertanian dalam satu pertanian terpadu. Pada kesempatan tersebut,  Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan alat mesin pertanian dari Direktorat Jenderal Prasaranan dan sarana Pertanian Kementerian Pertanian Repubik Indonesia berupa 10 Transplanter, 30 Traktor Roda Dua, 25 unit pompa air dan 50 unit Hand Sprayer Elektrik.

Read 1030 times Last modified on Thursday, 26 July 2018 08:35