Monday, 06 August 2018 13:24

Pembahasan Penyelesaian Konflik Israel-Palestina Dalam Kunjungan Menlu AS Ke Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Luar Negeri AS, Michael Richard Pompeo mengadakan kunjungan selama dua hari ke Indonesia tanggal 4-5 Agustus 2018. Ini adalah kali pertama Pompeo berkunjung ke Indonesia setelah dilantik Presiden Donald Trump sebagai Menteri Luar Negeri AS pada 27 April 2018 lalu. Pompeo menggantikan menlu sebelumnya Rex Tillerson yang dipecat Presiden Donald Trump melalui Twitter.

Selama di Indonesia, Menlu AS Pompeo bersama lima anggota delegasi, mengadakan pertemua bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar negeri (Kemenlu), Jakarta,  Sabtu (4/8).  

Dalam pertemuan itu, Menlu AS Michael Richard Pompeo dan  Menlu RI Retno Marsudi, selain membicarakan beberapa masalah terkait hubungan bilateral kedua Negara, juga membicarakan isu–isu regional dan global. Di antaranya adalah isu terkait Palestina. Bagi Indonesia, penyelesaian Two State Solution adalah satu-satunya jalan yang harus ditempuh. Menlu Retno Marsudi menyampaikan dalam pertemuan itu, Pompeo tidak menolak solusi Two State Solution tersebut. Menurut Pompeo masih perlu waktu untuk kemudian bisa membuat sebuah rencana perdamaian disana.

Solusi dua negara  menyerukan untuk dibuatnya  "dua negara untuk dua warga."  Dengan solusi itu, Negara Palestina akan   berdampingan dengan Israel, di sebelah barat Sungai Yordan. Solusi tersebut sebetulnya sudah  ditetapkan lewat resolusi Majelis Umum PBB 194 yang diadopsi pada 11 Desember 1948.

Terkait dengan upaya mewujudkan perdamaian di Palestina, Presiden AS Donald Trump diberitakan telah membentuk tim khusus untuk menyusun proposal perdamaian antara Palestina dan Israel.  Menurut Presiden Trump, rencana perdamaian ini akan menjadi sejarah penting yang disebut sebagai “Perjanjian Abad Ini”. 

Dibahasnya isu terkait penyelesaian konflik Israel-Palestina dalam pertemuan bilateral Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu AS Michael Richard Pompeo, merupakan bukti keseriusan Indonesia dalam mendukung perdamaian di Palestina. Sejak lama, masyarakat dan Pemerintah Indonesia memang punya perhatian dan dukungan yang besar terhadap terwujudnya perdamaian di Palestina.

Semoga, ditegaskannya keinginan Indonesia dalam pertemuan dengan Menlu Amerika untuk mewujudkan Two State Solution akan memperkuat  tujuan utama perjuangan bangsa Palestina yang mendapat dukungan masyarakat international .

Read 11 times