Wednesday, 08 August 2018 11:31

Akankah Amerika Serikat Mengubah Kebijakannya Memberikan Sanksi Kepada Iran?

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Amerika Serikat kembali mengambil keputusan dengan tidak memperhatikan pandangan para sekutunya. Donald Trump telah menegaskan bahwa Amerika Serikat tetap menjatuhkan sanksi terhadap Iran. Kepada pemerintahan manapun yang tetap melakukan perdagangan dengan Iran, Amerika Serikat akan memutuskan hubungan dagangnya.

Dalam pernyataannya, Selasa ( 7 Agustus 2018 ),  di Washington, Trump menegaskan akan diberlakukannya berbagai sanksi kepada Teheran, salah satunya adalah ekspor minyak Iran. Pemberlakuan berbagai sanksi bagi Iran itu, menyusul langkah Amerika Serikat menarik diri dari Rencana Aksi Komprehensif Gabungan yang juga disebut sebagai kesepakatan nuklir Iran, yang dicanangkan awal tahun 2018 ini. Kesepakatan itu mulai dibicarakan pada masa Barack Obama masih memerintah. Atas kesepakatan itu, Iran telah melakukan langkah membatasi pembatasan nuklirnya. Walaupun demikian Donald Trump, menilai kebijakan Washington era Obama itu sebagai telah menguntungkan Iran secara sepihak. 

Atas pernyataan Donald Trump yang menegaskan diberlakukannya sanksi terhadap negaranya, Presiden Iran Hasan Rouhani  menyebutnya sebagai perang urat syaraf. Presiden Iran mengatakan bahwa langkah Trump itu dimaksudkan untuk menebar bibit perpecahan di antara rakyat Iran.  

Apakah para sekutu Amerika Serikat bergeming atas keputusan Donald Trump memberikan sanksi lebih barat kepada Iran? Sebagaimana diberitakan banyak media massa internasional, sekutu Washington tidak setuju dengan keputusan itu. Uni Eropa misalnya akan tetap melaksanakan perjanjian awal yang dirintis oleh Presiden Barack Obama. Uni Eropa beralasan penentangannya terhadap keputusan Washington adalah untuk melindungi perusahaan-perusahaan di negaranya yang melakukan hubungan bisnis dengan Teheran.  Menjadi pertanyaan kemudian, siapakah yang bakal bergeming atas kesepakatan nuklir dengan Iran, atau akhirnya sekutu Amerika Serikat akan ikut memboikot Iran ? Waktu yang akan menunjukkan. 

Walaupun demikian, menarik untuk tetap mencatat pernyataan Donald Trump yang dikatakan seiring keputusan memberikan sanksi lebih tegas kepada Iran, bahwaTrump masih tetap terbuka untuk mencapai kesepakatan yang lebih komprehensif dengan Iran.

Read 28 times